Categories

Gadget

Honor 8X dan 8X Max Naikkan Standar Smartphone Kelas Menengah

Selain membawa teknologi GPU Turbo, keduanya juga menawarkan layar jumbo premium

Bambang Winarso - 6 September 2018

Sub-brand milik Huawei, Honor resmi mengumumkan dua smartphone baru untuk kategori mid-range. Keduanya adalah Honor 8X dan Honor 8X Max, dua smartphone yang bukan hanya lebih besar satu sama lain tetapi juga mempunyai spesifikasi yang berbeda.

Kedua seri baru Honor 8X ini terlihat jelas diplot untuk melanjutkan tren yang berfokus pada layar. Honor 8X misalnya mengemas layar 6,5 inci yang dikelilingi oleh bezel tipis. Bezel di bagian bawah layar hanya 4,25mm, memberikan rasio layar-ke-body sebesar 91 persen. Sedangkan 8X Max memiliki layar 7,12 inci dengan notch tetesan air yang serupa dengan milik Essential Phone.

Honor 8X

Menyoal spesifikasinya, Honor 8X mempunyai resolusi 1080 x 2340 dengan notch lebih panjang dibanding kakaknya. Smartphone ini memiliki desain yang unik. Bagian belakang dilapisi kaca 2.5D mengkilap yang memiliki dua tekstur berbeda. Bingkai terbuat dari logam sedangkan bagian depan terbuat dari kaca.

Honor 8X

Jeroan Honor 8X menggunakan chipset Kirin 710 yang diduetkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan 128GB yang dapat diperluas. Untuk menggeber performanya, Honor juga “meminjam” teknologi GPU Turbo yang dikembangkan oleh Huawei. Sementara yang menjadi “mata” di depan bagi 8X adalah kamera depan 16MP f/2.0 dengan banyak fitur. Sedangkan di belakang duduk kamera ganda 20MP + 2MP yang ditemani oleh sensor sidik jari di dekatnya.

Model Honor 8X

Honor 8X Max

Sesuai dengan namanya, Honor 8X Max bertindak sebagai model tertinggi di antaranya keduanya. Model ini memiliki layar ekstra lebar 7,12 inci dengan resolusi 1080 x 2244. Seperti adiknya, 8X Max juga memiliki sertifikasi TUV Rheinland yang berarti layar aman untuk mata. Namun coba perhatikan, alih-alih menggunakan notch memanjang konvensional, 8X Max memilih hanya menampilkan notch tetesan air yang bagi saya pribadi terlihat ideal.

Honor 8X
Max

 

Untuk menangani performa, bukannya Kirin Honor justru membenamkan chipset Snapdragon 636 untuk menghuni dapur pacu 8X Max. Di samping prosesor duduk pula RAM sebesar 4GB dengan memori 64GB yang bisa diperluas lebih jauh. Kabarnya, Honor juga menawarkan varian yang lebih powerful dengan bekal Snapdragon 660, RAM 6GB dan penyimpanan 128GB.

Kamera ganda jelas tak boleh absen. Honor 8X Max memberikan kemampuan jepretan dengan dua konfigurasi ideal sensor 16MP dan 2MP masing-masing dengan aperture f/2.0 dan f/2.4. Sedangkan di depan ada sensor 8MP dengan aperture f/2.0.

Honor menyebut 8X Max sebagai perangkat yang handal di sisi multimedia karena telah membekalinya dengan speaker stereo berteknologi audio Dolby Atmos. Untuk memuaskan dahaga penggunanya, Honor juga membekalinya dengan baterai 5.000 mAh yang sudah mendukung pengisian cepat 9V/2A. Jadi, pengguna tak harus khawatir menunggu lama untuk mengisi ulang baterainya yang bongsor.

Varian Warna Honor 8X Max

Harga dan Ketersediaan

Honor 8X hadir dalam warna hitam, biru, merah, dan ungu. Harganya mulai $240 untuk versi RAM 6GB + 128GB. Ada juga opsi RAM 4GB + 64GB dengan harga $177 dan RAM 6GB + 64GB seharga $202.

Sedangkan Honor 8X Max tersedia dalam tiga varian warna, merah, biru, dan hitam. Harga untuk Honor 8X Max dimulai $189 untuk RAM 4GB + versi 64GB dengan prosesor Snapdragon 636 sedangkan versi 128GB dengan prosesor yang sama berharga $227. Harga untuk versi Snapdragon 660 sampai saat ini belum diumumkan.

Sumber berita Vmall 1 dan Vmall 2.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter