Categories

Gadget

Honor 9X dan 9X Pro Hadir Membawa Layar Tanpa Notch Beserta Kamera Pop-up

Usung chipset Kirin 810 beserta kamera 48 megapixel demi menghadirkan peningkatan yang signifikan dibanding pendahulunya

Glenn Kaonang - 24 July 2019

Pasar smartphone kelas menengah kembali diramaikan berkat penawaran terbaru dari sub-brand Huawei, Honor. Melanjutkan sepak terjang Honor 8X tahun lalu, Honor 9X dan 9X Pro baru saja diperkenalkan secara resmi di Tiongkok, dan keduanya ternyata membawa peningkatan yang cukup signifikan untuk ukuran jeda hanya satu tahun dari pendahulunya.

Perubahan yang cukup drastis ini pun sudah kelihatan dari luar. Baik Honor 9X maupun 9X Pro sama-sama mengadopsi desain tanpa bezel ataupun notch, sehingga cuma menyisakan sedikit bezel di bawah layar. Mengikuti tren yang sedang ramai sekarang, Honor 9X dan 9X Pro juga mengusung kamera depan model pop-up.

Layar tanpa notch ini merupakan panel LCD berukuran 6,6 inci, dengan resolusi 2340 x 1080 pixel. Dibandingkan Honor 8X, Honor 9X dan 9X Pro semestinya mampu menghadirkan peningkatan performa yang signifikan berkat penggunaan chipset Kirin 810 dengan prosesor octa-core, terlebih 9X Pro yang turut dilengkapi sistem liquid cooling.

Honor 9X Pro / Honor

Chipset tersebut didampingi oleh pilihan RAM 4 GB atau 6 GB, serta storage internal 64 GB atau 128 GB pada Honor 9X. Honor 9X Pro di sisi lain lebih unggul berkat RAM 8 GB, serta pilihan storage 128 atau 256 GB. Kedua model sama-sama dibekali slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan hingga 512 GB.

Baterai milik 9X dan 9X Pro tercatat memiliki kapasitas 4.000 mAh, dan kabar baiknya, charging-nya sudah mengandalkan sambungan USB-C, bukan lagi micro USB seperti pada Honor 8X. Juga berubah adalah posisi sensor sidik jarinya, yang pada 9X dan 9X Pro telah dipindahkan ke bagian samping.

Mengenai kamera, Honor 9X mengandalkan kamera belakang 48 megapixel f/1.8, dibantu oleh depth sensor 2 megapixel. Honor 9X Pro juga demikian, tapi yang membedakan, ia turut dilengkapi kamera ketiga yang mengunggulkan perpaduan sensor 8 megapixel dan lensa wide-angle. Kamera depannya yang bermekanisme pop-up itu sendiri memiliki resolusi 16 megapixel dengan lensa f/2.2.

Untuk pemasarannya, Honor 9X dan 9X Pro bakal segera dijual mulai awal Agustus nanti di dataran Tiongkok terlebih dulu. Di sana harganya dipatok mulai 1.399 yuan (± Rp 2,9 juta) untuk varian termurah Honor 9X dengan RAM 4 GB dan storage 64 GB, sedangkan varian termahal Honor 9X Pro dengan RAM 8 GB dan storage 256 GB dihargai 2.399 yuan (± Rp 4,9 juta).

Sumber: Android Authority.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter