Mulai berbisnis sejak 2013, Honor ialah sub-brand yang Huawei ciptakan untuk berkompetisi dengan merek-merek smartphone budget. Honor memulai ekspansi ke pasar internasional setahun setelahnya, menghadirkan produk-produknya di Malaysia, India hingga Amerika Serikat. Dan di tanggal 27 Maret 2018, Honor mengumumkan pendaratan resminya di Indonesia.

Menakar dari cara Honor mempresentasikan perangkatnya, brand ini sepertinya diarahkan pada para pengguna berusia muda. Impresi yang saya peroleh dari konferensi pers kemarin adalah Honor berupaya menggarisbawahi bahwa smartphone-smartphone mereka adalah produk lifestyle, apalagi presiden George Zhao menekankan bagaimana Honor ingin menjadi ‘merek yang digandrungi generasi muda’.

Honor 1

Dalam kiprah perdananya di tanah air ini, Honor membawa tiga model handset untuk tiga segmen berbeda: entry-level, kelas menengah dan flagship. Mereka adalah Honor 9 Lite, 7X dan Honor View 10. Semua smartphone tersebut menjanjikan elemen-elemen perangkat premium dengan harga yang terjangkau, dan buat memproduksinya, Honor mengklaim sudah membangun ‘pabrik lokal berkualitas tinggi’.

Honor 4

Seperti para merek lain, alasan Honor menginvasi pasar Indonesia ialah karena mereka melihat potensi yang begitu besar. Di sini, tingkat penetrasi internet via perangkat bergerak mencapai 54,68 persen. Lalu kabarnya pengguna internet usia 13 sampai 18 tahun menyentuh 75,5 persen. Rekan saya Glenn mengingatkan bahwa 13 tahun adalah batasan umur termuda untuk mengakses sosial media seperti Facebook serta Instagram, dan kita bisa melihat betapa belianya target market Honor.

Honor 2

 

Honor 9 Lite

9 Lite diramu untuk bersaing dengan brand smartphone ekonomis berfitur high-end, misalnya Xiaomi dan Infinix. Dalam meraciknya, Honor sangat memperhatikan aspek desain. 9 Lite menyuguhkan layar ‘FullView’ 18:9 2160×1080 seluas 5,65-inci, lalu sisi punggungnya dilapisi kaca 2.5D plus film nano-optical untuk memberikan efek cermin (khusus model berwarna biru dan abu-abu), agar smartphone Anda jadi pusat perhatian. Bagi saya, kendalanya hanya satu: permukaan glossy ini bisa segera menjadi sarang sidik jari.

Honor 5

Honor 8

Honor menyematkan setup kamera ganda yang sama di depan dan di belakang, masing-masing menyimpan sensor 13Mp dan 2Mp. Pengambilan foto normal dibantu oleh kehadiran PDAF, mode wide aperture serta LED flash; lalu Anda dapat menggunakan kendali gesture saat ber-selfie. Fungsi swafoto turut didukung oleh algoritma yang mampu mengenali kontur dan mempercantik wajah berdasarkan karakteristik muka serta jenis kelamin.

Honor 9

Honor 7

Smartphone diotaki oleh chip HiSilicon Kirin 659 buatan Huawei yang dihuni oleh CPU octa-core Cortex-A53 (4×2,36GHz dan 4×1,7GHz) dan GPU Mali-T830 MP2, menyajikan RAM 3GB dan ROM 32GB, serta memanfaatkan baterai 3.000mAh sebagai sumber tenaganya. 9 Lite juga mempunyai sensor sidik jari di bagian punggung untuk mempersingkat proses unlock.

 

Honor 7X

Varian ini kabarnya adalah smartphone Honor terlaris di Amazon. Arahan desainnya menyerupai 9 Lite, menghidangkan layar 6-inci 2160x1080p 18:9 dengan teksture matte halus menggantikan kaca dan film nano-optical di bagian belakang. Anda juga akan menemukan sensor fingerprint di lokasi yang sama, namun modul dual camera di 7X dibuat terpisah dan terlihat lebih menonjol. Agar aman, Anda disarankan buat menggunakan cover tambahan.

Honor 16

Honor 17

Perbedaan terbesar antara 7X dan 9 Lite terletak pada komposisi kameranya. Model ini lebih difokuskan untuk pengambilan gambar secara tradisional lewat kamera belakang. Di sana, Honor menjejalkan sensor 16Mp 1/2,9-inci 1,25µm berlensa f/2.2 26mm plus 2Mp yang turut ditopang LED flash, PDAF, fitur HDR, panorama dan deteksi wajah. Buat selfie, smartphone memanfaatkan kamera 8Mp f/2.0 di depan.

Honor 19

Honor 20

7X juga menyimpan chip Kirin serupa 9 Lite, hanya saja kapasitas penyimpanan internal dan random access memory-nya lebih besar, masing-masing 64GB dan 4GB, dengan baterai 3.340mAh. Fitur andalannya sendiri hadir via update over-the-air, yakni kemampuan mengenal wajah sang pemilik. Akses ke konten segera terbuka begitu ia melihat wajah Anda melalui kamera depan.

 

Honor View 10

Merupakan handset Honor paling high-end di Indonesia yang juga memenangkan beragam penghargaan di CES 2018. Desain View 10 masih senada dengan dua varian sebelumnya, termasuk dua modul kamera yang menonjol. Namun khusus View 10, sensor sidik jari berada di depan, terintegrasi di tombol mekanis. Produsen membekalinya bersama layar 6-inci 2160×1080 18:9 403ppi dengan ujung membundar.

Honor 10

Honor 14

Aspek yang membuat View 10 istimewa adalah kehadiran dari neural processing unit dalam chip HiSilicon Kirin 970. NPU adalah sirkuit terintegrasi khusus untuk menangani tugas-tugas yang berkaitan dengan kecerdasan buatan. Ia tak cuma meningkatkan performa dan menghemat baterai, tapi juga memengaruhi kemampuan fotografi, aspek kemudahan akses, serta berdampak pada pengalaman penggunaan jangka panjang.

Honor 13

Honor 15

Berkat NPU, proses face unlock jadi lebih cepat, memungkinkan View 10 memberikan tip-tip pintar, lalu kita bisa menerjemahkan teks berbahasa asing ke bahasa lainnya secara real-tim. Kapabilitas machine learning di sana memungkinkannya memprediksi serta mempelajari kebiasaan sang pengguna.

Honor 12

AI juga bekerja optimal dengan sistem kamera ganda berbekal sensor 20Mp monokromatis plus 16Mp di View 10. Berkatnya, sistem bisa mendeteksi gerakan objek gambar serta mempersingkat waktu fokus. Selanjutnya, View 10 sanggup mengenali tak kurang dari 13 skenario berbeda dan secara otomatis menyesuaikan setting. Misalnya jika pemotretan dilakukan saat matahari tenggelam atau ketika Anda mencoba mengambil foto bunga. Lalu lewat kamera 13Mp di depan, AI dapat mengetahui batasan objek dan latar belakang secara presisi, optimal sewaktu fitur selfie bokeh diaktifkan.

Honor 3

View 10 diotaki chip HiSilicon Kirin 970 berisi CPU octa-core serta GPU Mali-G72 MP12, dilengkapi RAM 6GB, ROM 8GB, baterai 3.750mAh dan berjalan di platform Android 8.0 Oreo dengan overlay EMUI 8.0.

 

Harga dan ketersediaan

Huawei berencana untuk menjajakan ketiga smartphone di atas secara eksklusif melalui Shopee.co.id. Selain harga, tanggal pelepasan masing-masing produk juga berbeda. Di bawah ini rinciannya:

  • Honor 9 Lite – Rp 2,5 juta dengan potongan Rp 200 ribu, 5 April
  • Honor 7X – Rp 3,5 juta ditambah voucher Rp 300 ribu, 25 April
  • Honor View 10 – Rp 7,3 juta, 16 April

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.