22 February 2017

by Bambang Winarso

Honor V9 Resmi Diperkenalkan, Punya RAM 6GB dan Memori 128GB

Varian terendah menggunakan RAM 4GB dan ruang simpan 64GB

Agresivitas Huawei di industri mobile tergambarkan dari jumlah pengapalansmartphone mereka di Tiongkok pada tahun 2016 yang berada di posisi teratas. Meski bukan menjadi yang terlaris - setidaknya menurut Counterpoint - namun daya saing Huawei mampu membuat Apple waspada khususnya di Tiongkok. Yang terbaru, seperti dugaan, Huawei resmi memperkenalkan Honor V9 di Tiongkok. Ini adalah smartphone kelas atas yang akan menjadi pemanasan sempurna sebelum P10 diluncurkan.

Kita mulai dari bagian yang paling kelihatan, yakni layar. Honor V9 menampilkan layar 5,7 inci TFT LCD yang mempunyai tingkat kejernihan quad HD (1440 x 2560 piksel). Di bagian depan Anda bisa jumpai kamera 8MP yang bertugas mengabadikan foto-foto selfie ataupun panggilan video. Kemudian di belakang, tampil istimewa berupa kamera ganda 12MP yang memiliki kelengkapan berupa dukungan LED flash dan juga aperture f/2.2 yang istimewa.

Elemen kejutannya, Honor V9 mempunyai kemampuan untuk menangkap model 3D, bahkan disebut sebagai smartphone pertama dengan kemampuaan itu. Kelebihan ini disebut bisa menjadi senjata rahasia Huawei untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

Untuk mengimbangi kemampuan itu, Huawei membenamkan chipset HiSilicon Kirin 960 di dalam Honor V9 bersama dengan grafis Mali-G71 serta opsi RAM 4GB dan 6GB dengan pilihan kapasitas 64GB atau 128GB. Komponen baterai yang ditanamkan pun terbilang di atas rata-rata, yakni 4.000mAh. Kombinasi ini sama dengan bekal yang dipunyai Mate 9, namun dengan resolusi yang lebih jernih.

Beberapa fitur pelengkap yang juga ditawarkan termasuk sensor sidik jari, USB tipe C, LTE dan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang dipoles custom interface khas Huawei, EMUI 5.0.

Dijadwalkan menyapa pasar pada tanggal 28 Februari, Honor V9 ditawarkan dengan harga berbeda. Varian 4GB/64GB dijual seharga $377, varian 6GB/64GB seharga $436 dan varian tertinggi dengan RAM 6GB/128GB seharga $508.

Sumber berita Honor.