Categories

Gadget

Honor Luncurkan Smartphone 5G Pertamanya, View 30 dan View 30 Pro

Sama-sama dibekali total lima kamera sekaligus

Glenn Kaonang - 27 November 2019

Huawei baru-baru ini menyingkap MatePad Pro, sebuah tablet kelas flagship yang mengadopsi layar hole-punch. MatePad Pro rupanya bukan satu-satunya perangkat dengan lubang kamera pada layar yang Huawei rilis menjelang pergantian tahun. Melalui sub-brand-nya, mereka baru saja mengumumkan Honor V30, penerus dari smartphone pertamanya yang mengadopsi tren ini tahun lalu.

V30, atau yang akan dikenal di pasar internasional sebagai View 30, membawa sejumlah perubahan dari sisi desain. Lubang kamera pada layarnya sedikit melebar demi menampung satu kamera ekstra. Rumah kamera belakangnya pun ikut berubah wujud, serta turut mengusung satu kamera tambahan. Ya, total ada lima kamera yang tertanam di bodi View 30.

Honor View 30 akan hadir bersama saudaranya, View 30 Pro, dan perbedaan di antara keduanya bisa ditinjau dari kameranya. Meski keduanya sama-sama mengemas kamera utama dengan sensor Sony IMX600 40 megapixel, lengkap beserta Dual OIS dan laser autofocus, View 30 Pro sedikit lebih unggul berkat lensa f/1.6 (f/1.8 pada View 30).

Kamera ultra-wide-nya pun juga lebih superior di View 30 Pro ketimbang View 30: 12 megapixel f/2.2 dibanding 8 megapixel f/2.4. Satu-satunya modul kamera yang identik di antara keduanya adalah kamera telephoto-nya, dengan sensor 8 megapixel dan lensa f/2.4 yang menawarkan 3x optical zoom.

Untuk kamera depannya, seperti yang saya bilang kini ada sepasang kamera selfie sekaligus. Di samping kamera 32 megapixel yang mendukung fitur Super Night Mode, terdapat kamera ultra-wide 8 megapixel dengan sudut pandang seluas 105 derajat. Satu komponen yang belum berpindah ke layarnya adalah sensor sidik jari, namun setidaknya di sini Honor telah memindahkan posisinya ke bagian samping.

Layarnya sendiri merupakan panel LCD 6,57 inci dengan resolusi 1080p, sedangkan performanya ditunjang oleh chipset Kirin 990, pilihan RAM 6 atau 8 GB, storage 128 atau 256 GB, serta sistem operasi Android 10 dengan skin Magic UI 3.0.1 di atasnya. Di sini lagi-lagi ada satu perbedaan kecil antara View 30 dan View 30 Pro; pada View 30 Pro, chipset-nya telah mengemas modem 5G terintegrasi, sedangkan View 30 masih harus mengandalkan modem 5G terpisah.

Perbedaan yang terakhir bisa dijumpai di sektor baterai. Di sini View 30 sedikit lebih unggul berkat baterai berkapasitas 4.200 mAh dibanding 4.100 mAh milik View 30 Pro. Keduanya sama-sama mendukung fast charging 40 W, akan tetapi cuma View 30 Pro yang mendukung wireless fast charging 27 W.

Di Tiongkok, Honor View 30 dan View 30 Pro dijadwalkan meluncur pada awal bulan Desember ini. Banderol harganya dimulai di angka 3.299 yuan (± Rp 6,6 juta) untuk Honor View 30, atau mulai 3.899 yuan (± Rp 7,8 juta) untuk View 30 Pro, tergantung kapasitas RAM dan storage-nya.

Sumber: GSM Arena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter