Categories

Gadget

Hori Umumkan 3 Gamepad GameCube Bertema Pikachu, Mario dan Zelda Untuk Switch

Desainnya identik dengan controller GameCube lawas, tapi Hori turut membubuhkan sejumlah upgrade.

Yoga Wisesa - 26 July 2018

Produsen console memang tak begitu banyak memberikan banyak pilihan controller, namun mereka bisa bersantai karena perusahaan periferal third-party seperti Hori sudah lama menyediakan alternatif – dari mulai menghadirkan senjata andalan gamer PC di console hingga gamepad rasa Xbox di PlayStation 4. Kali ini produk current-gen Nintendo menjadi fokus mereka.

Lewat akun Twitter resminya, Hori memperkenalkan tiga varian controller berpenampilan klasik khusus bagi para gamer veteran yang ingin bernostalgia dengan GameCube – console Nintendo pertama yang dibekali optical drive. Diberi nama GameCube Controller, Hori menyiapkan periferal ini buat mendukung console hybrid laris buatan sang perusahaan hiburan asal Jepang, Nintendo Switch.

Sebagai apresiasi perusahaan aksesori tersebut pada sang console maker, Hori menyediakan tiga pilihan tema GameCube Controller berbeda yang terinspirasi dari karakter-karakter di franchise Nintendo. Pilihannya terdiri dari Pikachu, Mario dan Zelda – masing-masing dibedakan oleh warna dan logo di tengah-tengah controller. Mario dan Zelda memiliki tubuh transparan merah dan hitam, sedangkan Pikachu mengusung body kuning non-transparan.

Hori GameCube Controller mempunyai penampilan yang hampir identik dengan versi lawasnya. Anda kembali disuguhkan desain wing grip serta bagian directional pad dan stick yang menonjol ke luar. Kedua thumb stick-nya juga diposisikan secara asimetris; tapi ketika controller GameCube hanya menyuguhkan enam tombol fisik, Hori menambahkan lagi jumlahnya. Jangan cemas, layout dan wujudnya tidak diubah, produsen hanya membubuhkan tombol-tombol baru di area tengah serta sepasang trigger button lagi.

Tentu saja Hori juga menyertai GameCube Controller bersama sejumlah fitur baru. Pertama, Anda dipersilakan mengustomisasi fungsi tombol L dan R, serta ZL dan ZR. Selanjutnya, produsen membubuhkan lapisan bertekstur pada bagian grip dan memastikan bobot gamepad ini tetap ringan (memiliki berat 230g) – agar tetap nyaman digunakan ber-gaming dalam waktu lama.

GameCube Controller tersambung ke unit docking Switch via kabel USB sepanjang 3-meter. Hori mengingatkan bahwa mengingat periferal ini adalah reproduksi dari gamepad klasik GameCube dengan ‘fungsi dasar’, ia tidak optimal untuk dipakai menikmati game-game yang mengharuskan dukungan sensor gyro, kamera motion inframerah, fitur HD vibration, NFC dan accelerometer.

Hori berencana buat melepas GameCube Controller bertema Pikachu, Mario dan Zelda pada bulan Oktober 2018. Produk dijajakan di harga yang cukup menggoda, yaitu ¥ 3.218 atau sekitar US$ 30. Sayangnya untuk sekarang, Hori belum mengabarkan kapan mereka akan memasarkan GameCube Controller di wilayah luar Jepang.

Via IGN.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter