Hot Wheels ID, Versi Pintar Dari Mobil Mini Favorit Anda

Hot Wheels ID Ialah ‘Versi Pintar’ Dari Mobil Mini Favorit Anda, Dibekali NFC dan Smart Track

Implementasi teknologi di mobil miniatur Hot Wheels dilakukan melalui penambahan fitur NFC dan kesiapan mendukung lintasan pintar.
Hot Wheels ID.
Hot Wheels ID.

Awalnya dibuat untuk anak-anak, kini banyak dari kita (termasuk saya) yang menolak untuk menyebut mobil miniatur die-cast sebagai sekadar mainan. Bagi kita, mereka adalah ‘barang koleksi’, dan masing-masing brand mempunyai penggemarnya sendiri. Di antara nama-nama familier, Hot Wheels merupakan salah satu yang paling terkenal dilihat dari ketersediaan dan persebarannya.

Selama beberapa tahun terakhir, Mattel sebagai pemilik Hot Wheels mencoba mengintegerasikan teknologi digital ke produk mobil minatur mereka. Mungkin Anda sudah pernah mendengar soal upaya penggabungan mainan fisik dengan augmented reality lewat Hot Wheels Augmoto, lalu mobil-mobil Hot Wheels juga hadir di permainan video, misalnya Forza Horizon 3 dan Rocket League.

Hot Wheels ID 2

Kali ini, implementasi teknologi di mobil miniatur Hot Wheels dilakukan melalui penambahan fitur NFC dan kesiapan mendukung lintasan pintar. Dinamai Hot Wheels ID, chip near-field communication yang dimiliki mobil-mobil mungil ini memungkinkannya melacak waktu tempuh dan kecepatan. Pengecekan dapat dilakukan via aplikasi smartphone, jadi tak ada lagi perdebatan soal siapa yang memenangkan pertandingan karena semuanya didukung oleh data akurat.

Hot Wheels ID punya penampilan seperti mobil miniatur yang biasa Anda lihat di toko, mengusung skala 1 banding 64, plus chip NFC di sisi bawah. Cara bermainnya sama mirip sepupu konvensionalnya: letakkan mobil di launcher  lalu tekan tombol secara berulang-ulang untuk membuatnya melaju tanpa menyebabkan mobil terbang ke luar lintasan. Menariknya, bukan cuma mobil Hot Wheels ID saja yang menyimpan teknologi.

Hot Wheels ID 1

Mattel juga membubuhkan sistem pintar di bagian lintasan. Komponen terpenting di sana adalah NFC reader Race Portal untuk menghitung status-status krusial, misalnya jumlah putaran, kecepatan maksimal dan total jarak tempuh – pada dasarnya dihitung dari seberapa gesit masing-masing mobil melewati ‘portal’. Lalu data-data tersebut segera dikirim ke app mobile lewat sambungan Bluetooth LE.

Sebelum mulai bermain, kita perlu mendaftarkan mobil di aplikasi melalui NFC. Jika perangkat Anda tidak mempunyai konektivitas ini, Race Portal bisa membantu proses registrasi. Bahkan tiap-tiap bagian track bekerja secara pintar, berkomunikasi antar sesamanya lewat USB sehingga aplikasi dapat mengetahui potongan lintasan yang digunakan dan seperti apa wujudnya. Alternatifnya, kita bisa menggunakan track non-pintar dari set standar Hot Wheels, walaupun data tak dapat di-ekspor ke app.

Hot Wheels ID 3

Aplikasi akan memunculkan sejumlah tantangan untuk Anda selesaikan, misalnya menyelesaikan putaran sebanyak X kali atau melampaui batasan kecepatan tertentu. Selain ‘bermain di dunia nyata’, kita juga dapat menikmati game balap virtual di app, lengkap dengan beragam hadiah dan konten eksklusif.

Hot Wheels ID sudah mulai dijual, tapi baru bisa diperoleh dari Apple Store. Masing-masing mobil mini ber-NFC dijajakan seharga US$ 7, lalu Race Portal dibanderol US$ 40 (termasuk bonus dua mobil). Anda tentu saja dipersilakan membeli satu paket komplit, termasuk set Smart Track, namun harus mau mengeluarkan uang sebesar US$ 140. App akan tersedia pertama kali di iOS, kemudian disusul versi Android bulan depan.

Hot Wheels ID 4

Via Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…