Categories

Business

HP Berencana Pisahkan Divisi Pengembangan PC dan Printer

Korpora - 6 October 2014

Hewlett-Packard (HP) sebagai salah satu perusahaan yang cukup kondang dalam memberikan solusi komputasi berbasis hardware baru-baru ini mengumumkan rencananya untuk memisahkan bisnis utama perusahaannya, yaitu antara bisnis pengembangan PC (personal computer, termasuk didalamnya produk notebook dan sejenisnya) dan printer.

Langkah untuk memisahkan kedua bisnis utama HP ini sebenarnya sudah didiskusikan secara internal sejak lebih dari satu tahun lalu, tujuannya untuk mempertajam fokus bisnis sekaligus para pemegang saham. Namun sampai saat ini pihak HP secara resmi belum memberikan komentar pasti seputar pemisahan ini.

Partrick Moorhead, President of Moor Insights & Strategy memberikan komentar terhadap langkah HP ini. Menurutnya dengan adanya pemisahan ini akan menjadi langkah cerdik bagi HP untuk memiliki fokus pada pengembangan data center, PC dan printer. HP juga harus memastikan bahwa pihaknya dapat menyusun strategi, baik secara finansial ataupun pemasaran untuk mampu bersaing dengan vendor lain yang jumlahnya cukup banyak di dunia.

Pada bulan Agustus lalu HP melaporkan bahwa penjualan PC, termasuk netbook dan notebook tumbuh sekitar 12 persen dan memberikan peningkatan pendapatan senilai $27.6 miliar. Pendapatan tersebut mewakili 40 persen dari total pendapatan HP.

Sebagai salah satu pengembang perangkat printer, HP cukup terlambat dalam mengadopsi perangkat percetakan 3D. Di sisi penjualan PC, HP juga banyak kehilangan momen, sehingga masih cukup tertinggal dibadingkan dengan vendor lain seperti Lenovo atau Acer. Beberapa hal tersebut dinilai karena HP terlalu luas cakupan bisnisnya, bahkan selain memproduksi kedua perangkat tersebut, HP juga turut meramaikan pangsa pasar hardware server dan solusi cloud.

Bagian paling lemah dari HP adalah dalam hal pengembangan perangkat lunak. Beberapa divisi seperti divisi cloud telah bekerja sama dengan vendor lain seperti Red Hat dan beberapa perusahaan penyedia SaaS (Software as a Service) lainnya. Dengan adanya fokus tim pengembang, divisi enterprise juga dapat bisa fokus dalam pengembanga bisnis untuk dapat mengepakkan sayapnya, seperti rencana bermitra khusus dengan EMC yang telah dikabarkan akhir-akhir ini.

 

[Ilustrasi Gambar: HP]


Artikel ini pertama kali dimuat di DSenterprise dan ditulis oleh Randi Eka. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter