HP Perkenalkan Chromebook Baru untuk Para Pendidik Sekaligus Pelajar

Menyusul Chromebook besutan Acer dan Asus yang diperkenalkan Januari lalu

Google memang sudah memensiunkan lini Chromebook Pixel, akan tetapi ini sama sekali bukan berarti Chrome OS maupun Chromebook itu sendiri sudah mati. Berdasarkan pengamatan Futuresource, Chromebook termasuk sebagai perangkat terpopuler di ranah pendidikan, setidaknya di Swedia dimana penetrasinya pada tahun 2016 mencapai 38 persen, naik 20 persen dari tahun sebelumnya.

Secara global, diperkirakan sudah ada lebih dari 20 juta pendidik sekaligus pelajar yang menggunakan Chromebook. Integrasi layanan Google Classrom dan G Suite, tidak ketinggalan juga banderol harga yang terjangkau, merupakan faktor-faktor yang membuat Chromebook ideal untuk konteks pendidikan.

Januari lalu, Acer dan Asus telah memperkenalkan Chromebook baru yang didesain secara spesifik untuk aktivitas pendidikan, dan sekarang giliran HP yang unjuk gigi dengan penawarannya.

Melihat penamaannya, HP Chromebook x360 11 G1 Education Edition merupakan sebuah laptophybrid yang layarnya bisa dilipat 360 derajat dan digunakan seperti tablet. Seperti penawaran dari Acer dan Asus, Chromebook ini juga dirancang secara khusus untuk digunakan di sekolah-sekolah.

Spesifikasi lengkapnya belum diungkap, namun Google menyebut sejumlah fitur seperti konektivitas USB-C, stylus opsional serta sebuah kamera yang bisa dihadapkan ke depan atau belakang berkat engsel 360 derajatnya – tiga fitur yang juga menjadi sorotan utama pada Acer Chromebook Spin 11 dan Asus Chromebook C213.

Harganya juga belum diketahui, namun Google bilang pemasaran laptop berlayar 11 inci ini akan dimulai pada pertengahan April mendatang.

Sumber: Google via 9to5Google.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again