Categories

Gadget

HP Omen X Compact Ialah Komputer Desktop Mungil Sekaligus PC Ransel Pendukung VR

Setelah diperkenalkan tahun lalu, Omen X memperoleh arahan desain baru.

Yoga Wisesa - 7 June 2017

Virtual reality mendorong banyak terobosan di ranah PC. Saat ini tersedia banyak pilihan notebook VR ready, lalu dimulai kira-kira setahun silam, para produsen mulai memperkenalkan kompter berwujud tas punggung agar pemakaian HMD tidak tertambat di satu tempat. Device dengan gagasan unik itu telah diajukan oleh MSI, Alienware, Zotac hingga HP.

Hampir bersamaan dengan dimulainya Computex tahun lalu, Hewlett-Packard menyingkap HP Omen X VR PC Pack. Seperti komputer berwujud ransel lain, ia sengaja disiapkan untuk mendukung penggunaan headset VR, memberikan Anda kesempatan berjelajah di ruang virtual secara leluasa selama kurang lebih satu jam. Ternyata selama setahun ini, HP mencoba terus mematangkan konsepnya dan akhirnya, desain Omen X memperoleh arahan baru.

Kini diberi nama Omen X Compact Desktop, ia adalah PC '2-in-1' yang tidak biasa. Omen X Compact bisa Anda gunakan layaknya komputer personal biasa desktop, cukup dengan menaruhnya di atas dock. Unit dudukan tersebut bertugas sebagai pemasok tenaga sekaligus pusat koneksi. Di sana tersedia port-port penting (USB, HDMI dan lain-lain) serta memungkinkan Anda menyambungkan monitor, keyboard dan mouse.

Lalu ketika Anda ingin menggunakan Omen X Compact buat menikmati konten virtual reality, tinggal angkat PC dari dock, pasangkan di strap/harness, lalu kenakan layaknya tas punggung. HP memang belum menginformasikan ukuran Omen X Compact secara rinci, tapi berdasarkan fotonya, device terlihat ramping, memiliki tubuh persegi delapan dengan logo khas Omen dan LED berwarna merah yang membentuk huruf X.

Berbeda dari MSI VR One, dua unit baterai berada terpisah di luar unit utama, ditambatkan di strap bagian bawah, ditunjang sistem hot-swap sehingga device tak perlu dimatikan saat baterai diganti. Kipas pembuangan panasnya berada di atas, diarahkan menjauhi tubuh. Dari pengakuan The Verge, Omen X Compact Desktop mempunyai bobot yang sangat ringan, hampir tidak terasa sedang membopong PC.

Di tubuhnya yang terlihat mungil, Omen X Compact Desktop menyimpan komposisi hardware kelas 'PC monster'. Ia diotaki oleh prosesor Intel Core i7 generasi ketujuh, juga dipersenjatai kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1080 yang telah di-overclock - memastikan Omen X sanggup menjalankan game di resolusi 4K. Selain itu, perangkat juga ditopang fitur DTS Headphone: X sehingga mampu menyajikan suara 360 derajat untuk menyempurnakan pengalaman VR.

Omen X Compact Desktop kabarnya akan mulai tersedia di bulan Juli 2017. Unit komputernya dijual seharga US$ 2.500, lalu aksesorinya dibanderol mulai dari US$ 600.

Sumber: HP.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter