Categories

Gadget

HP Omen X Laptop Tawarkan Performa dan Kapabilitas Overclock Sekelas PC Desktop

Tidak cuma prosesor, RAM dan GPU-nya juga bisa di-overclock dengan mudah tanpa harus melewati BIOS

Glenn Kaonang - 23 August 2017

Setahun sejak pertama kali diumumkan, lini gaming HP Omen sudah diisi oleh sederet produk high-end macam Omen X Desktop maupun VR backpack Omen X Compact. Satu yang kurang sejauh ini adalah laptop kelas high-end, yang akhirnya HP perkenalkan pada ajang Gamescom 2017 di Jerman.

Bukan, ini bukan laptop berdesain Max-Q yang super-tipis, HP Omen X Laptop didesain untuk menjadi mesin overclock tanpa kompromi. Fisiknya jauh dari kata ringkas, apalagi dengan tebal bodi 3,6 cm dan bobot mencapai angka 4,8 kilogram. Namun sebagai gantinya, pengguna bisa menikmati performa sekelas PC desktop.

Tidak main-main, HP telah membenamkan prosesor Intel Core i7–7820HK yang siap di-overclock dengan sangat mudah melalui software Omen Command Center – tidak perlu lewat BIOS seperti pada PC. Bukan cuma prosesor, konsumen juga dapat meng-overclock RAM 32 GB dan GPU GTX 1080 miliknya dengan cara yang sama.

Soal display, Omen X Laptop mengusung panel 17 inci beresolusi 4K, namun konsumen yang lebih mementingkan performa bisa memilih konfigurasi dengan resolusi 1080p dan refresh rate 120 Hz – keduanya sama-sama mendukung teknologi Nvidia G-Sync. Melengkapi spesifikasi kelas monster itu adalah sepasang SSD yang masing-masing berkapasitas 1 TB.

Kemiripannya dengan PC terus berlanjut sampai ketika pengguna hendak meng-upgrade sejumlah komponennya. Dengan membuka satu panel saja menggunakan obeng standar, pengguna dapat mengakses SSD, HDD maupun RAM dan menggantinya dengan yang baru jika mau. Tidak kalah istimewa adalah kehadiran keyboard mekanik dan seabrek port, termasuk port Ethernet.

Sesuai perkiraan, laptop ini tidak murah. HP berencana untuk memasarkannya mulai November mendatang, dengan banderol mulai $1.999 untuk konfigurasi paling mendasarnya (i7–7700HQ, GTX 1070, RAM 16 GB, SSD 256 GB). Kalau budget ternyata bukan masalah, konfigurasi tertingginya bisa didapatkan seharga $3.699.

Sumber: Ars Technica dan The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter