Categories

Gadget

HP Spectre Folio Tegaskan Kesan Premium dengan Eksterior Berbahan Kulit

Bukan sekadar untuk gaya-gayaan, tapi juga fungsional

Glenn Kaonang - 2 October 2018

Sudah sejak lama kita mengasosiasikan MacBook sebagai laptop premium, akan tetapi beberapa tahun terakhir titel tersebut juga mencakup dua laptop Windows, spesifiknya seri Dell XPS dan HP Spectre. Keduanya memang menerapkan pendekatan yang berbeda; Dell XPS dengan bezel layar yang amat tipis, sedangkan HP Spectre ingin menjadi laptop touchscreen yang paling tipis.

Terlepas dari itu, saya yakin tidak ada yang meragukan kesan premium dari kedua laptop tersebut. Bagi HP, mereka rupanya masih belum puas. Mereka ingin menawarkan sesuatu yang lebih unik lagi dari sebatas bodi tipis. Upaya mereka pada akhirnya melahirkan HP Spectre Folio.

Kata "folio", bagi Anda yang pernah mempunyai iPad atau tablet, pasti mengingatkan pada casing berbahan kulit (asli maupun sintetis) yang bisa dibuka-tutup cover depannya. Makna kata tersebut tidak berubah di sini; Spectre Folio memiliki eksterior yang terbuat dari kulit asli, yang berpadu harmonis dengan rangka berbahan magnesium.

Cover kulit itu bukan sekadar untuk gaya-gayaan saja, HP telah merancangnya untuk berfungsi sebagai engsel ketika laptop hendak digunakan layaknya sebuah tablet yang berdiri bersandar. Yang unik, touchpad-nya masih dapat digunakan dalam posisi ini, dan sejumlah magnet tersembunyi memastikan laptop tetap stabil dalam berbagai posisi.

Karena mengemas eksterior kulit, Spectre Folio pun jadi lebih tebal ketimbang Spectre 13. Namun kalau dilihat sasis magnesiumnya saja, tampak bahwa Spectre Folio masih tergolong sangat tipis dibandingkan laptop pada umumnya. Menurut HP, ini dimungkinkan berkat penggunaan motherboard yang ukurannya luar biasa kecil untuk ukuran laptop.

Efek positif lainnya, HP bisa membenamkan baterai berkapasitas besar, yang diklaim bisa tahan sampai 18 jam penggunaan dalam satu kali charge. Spesifikasinya pun tidak mengecewakan: pilihan prosesor Intel Core i5-8200Y atau Core i7-8500Y, RAM 8 - 16 GB, dan SSD tipe NVMe 256 GB - 2 TB.

Layar 13,3 incinya sendiri beresolusi 1080p dan dilapisi kaca Gorilla Glass 4 (ke depannya bakal ada varian dengan resolusi 4K). Fitur-fitur pemanis seperti speaker garapan Bang & Olufsen maupun konektivitas LTE turut tersedia; Spectre Folio bahkan mendukung penggunaan SIM ganda (satu via eSIM).

Konektivitas lainnya mencakup dua port Thunderbolt 3, satu port USB-C, satu port USB standar, dan jack headphone. HP tak lupa membekalinya dengan stylus, dan secara keseluruhan bobot perangkat berkisar cuma 1,49 kg saja.

Rencananya, HP Spectre Folio bakal segera dipasarkan dengan harga mulai $1.300, dengan dua pilihan warna: cognac dan burgundy. Tidak bisa dipungkiri, desain merupakan nilai jual utamanya, dan kembali ke poin awal, material kulit sudah pasti akan selalu dikaitkan dengan kesan premium.

Sumber: HP dan AnandTech.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter