Categories

Gadget

HP Luncurkan VR Backpack PC untuk Kalangan Profesional

Gamer bukan satu-satunya target pasar yang ideal untuk wearable PC semacam ini

Glenn Kaonang - 2 August 2017

Juni lalu, kita sudah melihat iterasi kedua VR backpack yang digagaskan HP. Keunikan yang ditawarkan Omen X Compact adalah bagaimana ia bisa digunakan layaknya komputer biasa dengan dipasangkan di atas unit dudukan, atau sebagai otak VR headset yang bisa dibawa-bawa ke mana saja hanya dengan dipasangkan pada unit harness-nya.

HP pun melihat bahwa konsep perangkat semacam ini tidak hanya ideal untuk pasar gaming, tapi juga para pelaku industri kreatif yang perlu berinteraksi dengan VR headset di mana saja mereka berada. Buat kalangan profesional seperti ini, mobile VR headset maupun yang bersifat standalone tidak punya cukup power untuk menyanggupi pengolahan grafik yang intensif.

Maka dari itu, diperkenalkanlah HP Z VR Backpack PC. Fisiknya yang berwujud segi delapan sangat identik dengan Omen X Compact, namun berhubung ia tidak ditujukan untuk pasar gaming, bodinya kelihatan lebih elegan tanpa ada aksen merah yang mencolok. Di samping itu, ventilasi udaranya yang diposisikan di bawah logo HP juga tampak sedikit lebih besar ketimbang milik sepupu gaming-nya.

Cara penggunaannya pun sama persis. Saat hendak disambungkan ke monitor 4K (bisa sepasang sekaligus), pengguna tinggal menancapkan Z VR pada unit docking-nya. Lalu ketika akan dipakai bersama headset HTC Vive misalnya, pengguna tinggal memasangkan Z VR pada unit harness-nya, yang telah dilengkapi sepasang baterai di strap bawahnya.

Perihal spesifikasi, Z VR tak kalah istimewa dari Omen X Compact. Ada prosesor Intel generasi ketujuh, tepatnya Core i7 vPro, didukung oleh RAM DDR4 yang bisa dikonfigurasikan sampai 32 GB. GPU-nya bukanlah seri GeForce, melainkan Nvidia Quadro P5200 yang dilengkapi memory sebesar 16 GB, dan pastinya jauh lebih cekatan untuk urusan rendering model 3D. Semuanya dikemas dalam sasis berbobot cuma 4,6 kg.

Pada kenyataannya, HP memasarkan perangkat ini sebagai sebuah workstation untuk berbagai macam bisnis, mulai dari bisnis properti, taman hiburan sampai otomotif. HP percaya Z VR Backpack bakal menjadi alat bantu yang sangat ideal dalam proses pengembangan produk, pelatihan karyawan, simulasi dan masih banyak lagi.

HP rencananya akan memasarkan Z VR Backpack PC mulai September ini, dengan banderol mulai $3.299 untuk konfigurasi paling standarnya. Selain itu, HP juga berniat membuka 13 “VR immersion center” di Eropa, Amerika dan Asia-Pasifik, dengan tujuan mendemonstrasikan kapabilitas perangkat ini beserta sejumlah skenario penggunaannya kepada para pelaku bisnis.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter