16 November 2016

by Glenn Kaonang

HP Z2 Mini Ibarat Mac Mini yang Disuntik Steroid

Usung prosesor kelas server Intel Xeon dan GPU Nvidia Quadro

Dalam beberapa kasus, ungkapan “size doesn’t matter” ada benarnya. Buktinya bisa dilihat dari mini PC terbaru HP berikut yang dijuluki Z2 Mini. Ukurannya yang mungil membuat kita berprasangka bahwa kinerjanya pas-pasan, padahal itu salah besar.

Z2 Mini dideskripsikan sebagai workstation, mengusung spesifikasi yang sanggup memenuhi kebutuhan kalangan profesional; baik untuk keperluan desain, CAD maupun animasi 3D. Singkat cerita, jika dibandingkan Mac Mini, Z2 Mini jauh lebih bertenaga.

HP Z2 Mini bisa menjalankan enam monitor sekaligus / HP

Pertama-tama, terkait prosesor, opsi yang ditawarkan mencakup Intel Core i3, i5, i7 atau Xeon E3–1200v5 yang biasa digunakan pada komputer server. Tidak ketinggalan adalah GPU Nvidia M620 Quadro dengan VRAM 2 GB yang secara spesifik dirancang untuk mempercepat proses rendering dalam aplikasi seperti Autocad atau 3DS Max – tapi tidak untuk gaming mengingat ini bukan seri GeForce.

Turut mendukung adalah RAM DDR4 berkapasitas 32 GB dan HP Z Turbo Drive, yang pada dasarnya merupakan M.2 SSD dengan kecepatan membaca di atas 1 GB/s dan kapasitas hingga 1,5 TB. HP mengklaim Z2 Mini memiliki performa dua kali lipat mini PC lain di pasaran, dan ia bisa menjalankan enam monitor sekaligus jika perlu.

Konektivitas HP Z2 Mini termasuk lengkap, minus port HDMI / HP

Semua ini dikemas dalam bodi yang 90 persen lebih ringkas ketimbang workstation pada umumnya. Casing-nya yang berbentuk oktagon memiliki dimensi 8,5 x 2,3 inci, lebih pendek dari cangkir kopi dan tidak jauh lebih besar dari Mac Mini (7,7 x 1,4 inci). Selagi beroperasi, Z2 Mini juga diyakini 63 persen lebih senyap dibanding mini PC kelas bisnis lain milik HP.

HP Z2 Mini rencananya akan dipasarkan pada bulan Desember mendatang, dengan harga mulai $699 untuk konfigurasi terendahnya (Core i3, GPU terintegrasi). HP tidak memberikan rincian harga untuk konfigurasi tertingginya yang mengemas prosesor Intel Xeon dan GPU Nvidia Quadro, tapi kemungkinan besar bisa 2 - 3 kali lipat lebih mahal.

Sumber: Engadget dan HP.