Categories

Gadget

HP Z8 Adalah PC Workstation Monster yang Dibekali Prosesor 56-Core dan RAM 3 TB

Juga didukung oleh sepasang kartu grafis Nvidia Quadro Pro dan storage sebesar 48 TB

Glenn Kaonang - 15 September 2017

Judul di atas bukanlah salah ketik, tapi ini benar-benar PC kelas workstation paling gila yang pernah HP ciptakan. Seri Z selama ini memang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan kalangan profesional, dan HP Z8 begitu memprioritaskan performa di atas segalanya.

Di dalam bodi serba hitamnya, bernaung sebuah motherboard berukuran masif yang dapat dijejali dua prosesor Intel Xeon sekaligus yang masing-masing mengemas 28-core. Slot RAM-nya ada 24, dengan kapasitas maksimum yang didukung 3 TB alias 3.000 GB – hard disk PC saya saja kalah besar.

Soal storage, Z8 bisa diisi dengan beberapa hard disk hingga memberikan total kapasitas penyimpanan sebesar 48 TB. Melengkapi semua itu adalah sepasang kartu grafis Nvidia Quadro Pro yang mungkin lemah untuk gaming, tapi belum ada tandingannya untuk urusan rendering.

HP Z8 Workstation

Pada kenyataannya, HP memang merancang Z8 buat mereka yang sehari-harinya perlu mengedit video beresolusi 8K, atau yang kerap berkutat dengan special effect seperti di film-film blockbuster. Untuk sebagian besar konsumen, daya komputasi seheboh ini mungkin terkesan overkill. Itulah mengapa HP juga menawarkan dua model lain, yakni Z6 dan Z4.

Namun Z6 dan Z4 sendiri juga masih bisa digolongkan ekstrem jika dibandingkan dengan mayoritas PC kelas workstation. Z6 dapat dikonfigurasikan dengan RAM sebesar 384 GB, sedangkan Z4 ‘hanya’ 256 GB dan cuma bisa menggotong satu prosesor Intel Xeon saja.

Spesifikasi kelas monster ini tentu saja harus ditebus dengan harga selangit. Konfigurasi terendah Z8 dihargai $2.440 dan akan dipasarkan mulai Oktober, tapi konfigurasi tertingginya seperti yang disinggung di atas pasti dipatok di kisaran puluhan ribu dolar. Z6 juga akan meluncur di bulan yang sama dengan harga mulai $1.920, sedangkan Z4 menyusul pada bulan November dengan banderol mulai $1.240.

Sumber: PetaPixel dan HP.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter