19 October 2017

by Bambang Winarso

HP Zbook x2, Tablet PC Garang dengan Keyboard yang Bisa Dilepas

HP Zbook x2 akan mulai tersedia di bulan Desember 2017

Beberapa hari yang lalu Microsoft meresmikan kehadiran laptop detachable generasi barunya, Surface Book 2 yang sangat menggoda. Tak berapa lama kemudian, HP juga mencoba merebut perhatian khalayak dengan merilis perangkat tablet PC dengan konsep “bisa dilepas” serupa bernama Zbook x2 di ajang Adobe MAX Conference.

HP ZBook x2 dirancang untuk mempertahankan alur kerja kreatif bagi para seniman, perancang, dan profesional digital. Mendorong produktivitas dengan memangkas hambatan untuk bergerak ke banyak tempat di dalam atau di luar ruangan. Dukungan Pen memungkinkan proses kreatif tersalurkan dengan mudah.

HP Zbook x2 mempunyai empat mode yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, Tablet Mode (Capture), Detach mode (create), mode dock (produce), dan mode Laptop (review) yang memungkinkan fleksibilitas sempurna saat menggunakan dudukan, keyboard, pena, dan layar sentuh yang dapat dilepas. Layarnya menggunakan penampang seluas 14 inci yang memiliki dukungan 4K UHD Dreamcolor, mendukung 1 miliar warna dan 100% Adobe RGB.

Jeroan HP Zbook x2 mendukung kedua generasi prosesor Intel Core ke-7 dan  ke-8, dari i7-7500U ke i7-8650U. CPU andalannya, i7-8560U hadir dengan clock 1,9 GHz dan bisa didorong hingga 4,2 GHz. Tablet juga memiliki opsi grafis Nvidia Quadro M620 (2GB GDDR5). Salah satu manfaatnya, ia disimpan di bagian tabletnya, bukan di dasar seperti yang diterapkan oleh Surface Book. Jadi, jika keyboard dilepas, pengguna tidak akan kehilangan daya GPU tambahan tersebut. Kapasitas RAM yang ditawarkan luar biasa besar, sampai dengan 32GB DDR4-2133 non-ECC SDRAM. Pilihan penyimpanan internal berkisar antara 128GB M.2 SATA SSD hingga 2TB PCIe NVMe M.2 SSD.

Grafik yang tersedia mencakup Intel HD 620 atau UHD 620 yang terpasang di perangkat CPU, atau GPU diskrit seperti yang disinggung di atas, NVIDIA Quadro M620. Kemampuan jaringan nirkabel di Zbook x2 ditangani oleh modul mobile broadband HP HS3110 HSPA + Intel Mobile. Kemudian baterai Li-ion 70 Wh yang dibawa diklaim mampu bertahan hingga 10 jam dengan pemakaian normal.

Harga HP Zbook x2 untuk kawasan Amerika Serikat dimulai dari $1749 dengan jadwal pengiriman pada bulan Desember. Harga ini akan bertambah mahal saat tiba di negara-negara yang disasar.

Sumber berita HP.