8 October 2013

by Bambang Winarso

HTC One Max Akan Dipersenjatai Pemindai Sidik Jari Seperti iPhone 5S?

Oktober ini hampir dapat dipastikan kita akan kedatangan anggota keluarga baru generasi HTC One yang santer dikabarkan bernama HTC One Max. Sampai hari ini memang sejauh mata memandang yang bisa ditemukan terkait perangkat ini adalah rumor, terakhir penampakan HTC One Max terlihat di Tenaa (semacam Federal Communications Commission – FCC-nya Cina).

Dan baru-baru ini muncul beberapa bocoran gambar di jejaring sosial Cina bernama Sina Weibo, dalam gambar tersebut terlihat perangkat HTC One Max dalam kondisi cover casing bagian belakang terbuka sehingga terlihat senjata baru HTC yang dipercaya sebagai pemindai sidik jari, sebagaimana dikutip oleh TheVerge dari Simonlyradar.

Pemindai sidik jari di HTC One Max ini diletakkan di antara kamera dan slot kartu SIM, lebih jelas bisa Anda lihat di penampakan gambar di bawah ini.

Keberadaan fitur pemindai sidik cari ini diamini oleh salah satu staf Verizon yang secara langsung sudah pernah menggunakan perangkat ini selama sesi pelatihan, tak hanya itu, Jeremy Kessous juga mem-posting sebuah bukti gambar di forum Android Central yang ia dapatkan dari orang dalam Verizon.

Sejak Apple menyatakan bahwa fitur pemindai sidik jari merupakan generasi terbaru sistem keamanan dan haruslah ada di semua perangkat smartphone, banyak produsen yang mencoba mengadopsi teknologi ini di perangkat mereka. Kondisi inilah yang mungkin jadi pertimbangan HTC menyematkan fitur pemindai sidik jari di HTC One Max, meskipun hingga kini pihak HTC belum memberikan pernyataan resmi.

Salah satu pertanyaan yang mungkin ada di benak banyak orang saat ini, mungkinkah HTC juga menggunakan konsep yang sama dengan iPhone yang memanfaatkan fitur ini untuk akses ke layar utama iPhone dan otorisasi App Store mereka? Jika iya, tentu prosedurnya tak mungkina sama, lalu seperti apa?

Jika rumor ini memang benar adanya, menarik untuk melihat apakah kinerja fitur ini mampu memberikan keamanan maksimal, atau justru jadi senjata makan tuan karena respon pemindai bisa jadi kelemahan paling riskan yang mungkin ditemukan.

Apapun itu, HTC One Max masih belum dirilis. Jika prediksi PhoneArena benar adanya, maka 7 hari lagi kita sudah bisa menyambut kedatangan perangkat baru ini, paling tidak perkenalan resmi dari HTC.