12 February 2016

by Bambang Winarso

Bocoran Meyakinkan Sibak Wujud HTC One M10

Mock up HTC One M10 menggabungkan desain A9 dan sentuhan One M9

HTC dikabarkan sudah mantap menggelar event sendiri pada tanggal 11 April ketimbang MWC 2016 untuk mengungkap flagship terbarunya, One M9. Dan menjelang hari itu tiba, kita hanya mendapatkan suguhan berupa rumor dan bocoran seputar perangkat. Tapi dari sekian bocoran yang merebak, ada dua hal mendasar yang jadi pusat perhatian. Yaitu rancangan di One M9 yang diyakini bakal meninggalkan tradisi lawas generasi One. Dan kedua, perangkat dipercaya bakal mengusung nama yang berbeda, kita tidak tahu pasti apakah urutan angka β€œ10” masih akan dipergunakan oleh HTC. Atau mereka punya rencana lain dengan inisial β€œOne” yang tak pernah kita ketahui sampai hari H tiba.

Bagian pertama yaitu desain menjadi elemen paling disorot oleh banyak penggemar HTC. Sebuah mock up terbaru yang dipublikasikan oleh kontributor XDA Developers Forum, Hamdir menjadi referensi paling mendekati. Sebagian besar media sepakat ini adalah mock up terbaik sepanjang saga One M10.

Dikatakan bahwa mock up ini dibuat berdasarkan "insider information" atau dari orang yang dekat dengan sumber. Selain itu dipengaruhi pula oleh bocoran sebelumnya yang dilansir oleh @Evleak. Namun yang terpenting bahwa render ini mengonfirmasi konsep dasar One M10 yang mengadopsi desain A9 dan juga sentuhan varian sebelumnya, One M9.

Dari yang terlihat, mock up HTC One M10 mempunyai bentuk bagian belakang mendatar di mana kamera ditempatkan lebih rendah seperti di One M9. Perancang mock up mengklaim bahwa rancangan ini tidak menampilkan beberapa elemen di bagian depan, namun tampak jelas bahwa M10 juga tidak akan mempunyai speaker depan ataupun belakang.

Peningkatan rasio layar dan body perangkat juga terlihat meski tak begitu jelas, di mana dimensi fisiknya relatif sama dengan One M9, namun dengan ukuran layar yang lebih lega yakni 5,2 inci. Kamera depan super besarnya pun dikabarkan bakal menawarkan kemampuan mengesankan.

Sumber berita GSMArena dan gambar header mock up One M10.