5 September 2014

by Yoga Wisesa

HTC Pamerkan Desire 820 di Ajang IFA Berlin 2014

Biasanya para produsen handset menambatkan berbagai fitur dan teknologi revolusioner dalam produk high-end mereka, bisa jadi lompatan performa ataupun kemampuan kamera gila-gilaan. Tapi seperti yang telah kita dengar sebelumnya, HTC menggunakan pendekatan berbeda dalam meracik smartphone anyar HTC Desire 820 dalam penampilan perdananya di IFA Berlin 2014.

Desire 820 dirancang sebagai penerus HTC Desire 816 yang cukup sukses. Sebagian besar spesifikasi masih menyerupai pendahulunya itu. Smartphone ini mengusung layar Super LCD2 5,5-inci beresolusi 1280x720 dengan 267ppi, dibekali sepasang kamera 13-Mp dan 8-Mp. Desire 820 disajikan dalam pilihan-pilihan warna 'tak biasa' seperti biru langit, jingga, hitam kelabu, putih dan merah muda.

Menariknya, smartphone tersebut merupakan salah satu handset pertama yang dipersenjatai prosesor berjenis 64-bit. Snapdragon 400 di dalam Desire 816 telah digantikan dengan Snapdragon 615 berprosesor octa-core Cortex-A53. Ada empat buah chip berkecepatan 1,5GHz dan empat buah lagi dengan kecepatan 1GHz. Dapur pacu grafis kini ditenagai Adreno 405 dan RAM telah didongkrak hingga 2GB.

 

Info menarik: Qualcomm Rilis Teaser Smartphone 64-bit, Inikah HTC Desire 820?

 

Tentu saja, kita baru bisa mendapatkan seluruh potensi prosesor 64-bit itu setelah platform Android L tersedia. HTC juga tampaknya tidak repot-repot soal baterainya. Mereka masih menggunakan baterai berkapasitas 2.600mAh. Sekali lagi, HTC bersandar pada kemampuan platform mobile terbaru Google yang katanya dapat memaksimalkan penggunaan baterai.

Apakah penggunaan prosesor 64-bit akan mempengaruhi tingkat performa smartphone secara signifikan, namun ini adalah sebuah pertanda bahwa HTC peduli pada pengembangan chip yang lebih canggih dan lebih cerdas.

Smartphone baru ini dibuat dengan rancangan unibody bermaterial polikarbonat. Dengan layar lebarnya, Desire 820 terlihat ramping. Ia memiliki dimensi 157,7x78,74x7,74 mm dan bobot hanya 155 gram. Penampilannya unik karena menawarkan dua tone warna, ditawarkan dalam opsi body gloss dan matte.

 

Info menarik: Desire 510, Ponsel 4G LTE Termurah dari HTC

 

Seperti biasa, kinerja kamera Desire 820 turut menjadi fokus utama HTC. Sang produsen Taiwan itu pernah menyampaikan, kemampuan kamera smartphone bukan ditentukan kuantitas, melainkan kualitas sensornya. Tapi tidak berarti HTC membenamkan kamera bersensor pas-pasan ke dalam Desire 820. Sebaliknya, bahkan kamera depannya saja mampu menyaingi kualitas kamera utama handset lain.

Jika gemar ber-selfie, maka Desire 820 memang cocok untuk Anda. Kamera depan 8-megapixel-nya memudahkan kita mengambil foto tunggal maupun grup. Lalu fitur Live Makeup akan 'memoles' penampilan Anda agar hasilnya tampak memuaskan. Ada juga fitur baru bernama Photo Booth untuk mengabadikan beberapa momen terpisah dalam satu foto.

Kamera belakangnya sendiri sangat bertenaga, dengan sensor BSI 13-megapixel dan tingkat aperture f/2.2, membuat foto burst mampu menghadirkan detail tinggi baik di ruangan cerah maupun temaram, sempurna digunakan untuk mengambil foto objek-objek cepat.

HTC belum mengumumkan harga Desire 820, tapi perangkat ini akan segera tersedia di Musim Gugur - antara kuartal tiga dan empat tahun ini.

Sumber: HTC.com.