13 January 2017

by Bambang Winarso

HTC U Ultra dan U Play Resmi Diumumkan

Meski berbagi konsep desain, kedua smartphone punya spesifikasi yang berbeda

HTC akhirnya benar-benar menyingkap dua jagoan barunya di ranah mobile yang dijuluki HTC U Ultra dan U Play yang masing-masing punya spesifikasi berbeda. Sesuai penamaannya, kedua smartphone ditujukan untuk kalangan yang berbeda, bertujuan untuk lebih mendekatkan perangkat kepada pemiliknya.

Kita mulai dari HTC U Ultra yang diposisikan sebagai model tertinggi yang ditandai dengan bekal berupa chipset papan atas Snapdragon 821, RAM 4GB dan penyimpanan seluas 64GB. Sederet komponen yang menciptakan performa jempolan ini disempurnakan oleh tampilan layar 5,7 inci beresolusi QHD yang mendukung layar ticker kedua yang berfungsi sebagai panel khusus notifikasi.

Di belakang tersemat kamera 12MP yang dilengkapi dengan dukungan OIS, sementara di depan duduk kamera yang lebih nendang sebesar 16MP. Menjanjikan bidikan selfie yang lebih jernih dan memuaskan.

Bergeser ke HTC U Play, kita akan menjumpai spesifikasi yang sedikit turun kelas. Di depan terdapat layar 5,2 inci yang menjadi rumbah bagi chipset MediaTek Helio P10 bersama RAM 3GB dan memori internal seluas 32GB. Perbedaan juga dapat dijumpai di segmen kamera, di mana di kedua sisi perangkat bersemayam sensor yang sama sebesar 16MP, tapi tanpa laser focus dan juga mempunyai ukuran piksel yang lebih kecil.

Kendati punya bekal yang berbeda, HTC U Ultra dan U Play berbagi desain yang relatif sama yang disebut dengan liquidsurface yang dipoles dengan kedalaman warna dan kilauan yang belum pernah dijumpai di perangkat lain. Kesan mewah dan bersih terpancar dari dua ponsel HTC seri U ini.

HTC U Ultra sudah mulai ditawarkan dalam fase pre-order di Amerika dengan banderol mulai $750 untuk varian dasar dengan memori 64GB. Sedangkan HTC U Play akan tersedia di beberapa pasar berbeda dengan banderol mulai $440.

Sumber berita HTC, PhoneArena 1 dan 2.