31 May 2013

by Iqbal Farabi

HTC One 'Versi Google' Resmi Diperkenalkan, Dijual Mulai 26 Juni

Setelah sempat dirumorkan akan menyusul langkah Samsung GalaxyS4 untuk dibuat versi Google (atau biasa disebut dengan stock Android), akhirnya HTC One dengan antarmuka asli Android tanpa menggunakan skin Sense milik HTC resmi diumumkan. Berita ini diumumkan oleh Sundar Pichai, kepala divisi Android dari Google, pada konferensi D11 yang berlangsung baru-baru ini.

HTC One versi stock Android ini dikatakan akan mulai tersedia di Google Play pada tanggal 26 Juni nanti. Rencananya, HTC One stock Android nantinya dibanderol dengan harga $599, selisih $50ย lebih murah dari Samsung Galaxy S4 stock Android. Perangkat ini juga dikatakan akan memiliki kapasitas penyimpanan internal 32 GB tanpa mendukung slot untuk microSD, cukup berbeda dengan Galaxy S4 versi Google yang hanya menawarkan kapasitas penyimpanan internal 16 GB tapi menyediakan slot untuk microSD.

Sayangnya, dari beberapa rumor yang beredar, HTC One versi Google hanya akan tersedia untuk pembeli di Amerika Serikat saja. Belum lagi rumor lainnya yang menyatakan bahwa HTC One versi ini terbatas hanya sebanyak 50.000 unit saja. Tentu perangkat ini akan menjadi barang buruan para penggemar perangkat sejenis seri Nexus.

Apakah langkah ini akan membawa popularitas lebih besar pada perangkat HTC One yang hingga saat ini sudah terjual sebanyak 5 juta unit? Apakah Google juga akan bekerjasama dengan lebih banyak lagi produsen untuk merilis 'versi Google' untuk perangkat flagship besutannya? Apakah nantinya Google akan menghadirkan perangkat-perangkat ini ke pasar yang lebih luas di luar Amerika Serikat? Menarik untuk disimak langkah Google selanjutnya.

 

Sumber: Android Central, Unwired View.