Categories

Mobile

Toko Aplikasi AppGallery Dipastikan Tersedia untuk Seluruh Perangkat Huawei Global

Toko aplikasi AppGallery sebelumnya baru tersedia secara preinstal di P20 dan P20 Pro

Bambang Winarso - 5 April 2018

Sejak Nokia dan BlackBerry “menyerah”, praktis tersisa Android, iOS dan Windows 10 Mobile yang masih saling bersaing untuk memperebutkan pasar di industri mobile. Platform terakhir bahkan tak benar-benar memberikan perlawanan kepada OS yang dibesut oleh Google dan Apple itu.

Android punya toko aplikasi bernama Play Store, sedangkan iOS dengan App Store-nya. Kemudian Samsung sudah punya platform sendiri yang dikhususkan untuk ekosistem mobile-nya, kemudian beberapa toko aplikasi mandiri yang berstatus pelengkap. Tapi sekarang segera muncul toko aplikasi baru bernama AppGallery yang diinisiasi oleh Huawei. Dikutip dari GSMArena, Huawei sudah mengonfirmasi kehadiran toko aplikasinya itu untuk pengguna global. Dalam waktu dekat, seluruh perangkat berlabel Huawei di manapun berada bisa mengakses toko dan mengunduh segala keperluannya dari sana.

AppGallery saat ini sudah terpasang secara default di duo P20 dan P20 Pro, di mana terdapat lima menu utama, yaitu Featured, Category, Top, Manager dan Me. Di menu Me, pengguna bisa mengatur beberapa hal terkait akunnya meliputi pengaturan update, parental control, pembayaran dan lain-lain. Aplikasi AppGallery disebut bisa dicopot dari perangkat jika memang tidak dibutuhkan, dan bila dilakukan, hal ini tidak akan mempengaruhi aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang melalui AppGallery.

Seperti umumnya toko aplikasi, AppGallery memuat berbagai macam kategori baik aplikasi maupun game. Sebagian besar aplikasi difokuskan untuk pasar Asia mengingat saat ini Huawei lebih tenar di pasar tersebut. Dalam laporan terbaru Counterpoint, Huawei masih memegang daftar pabrikan perangkat yang mengapalkan smartphone paling banyak di Tiongkok tahun 2017. Di tempat kedua ada OPPO dan diikuti oleh Vivo di peringkat ketiga.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter