Categories

Gadget

Huawei Bersiap Luncurkan Varian MateBook D 14 dan D 15 yang Ditenagai Prosesor Intel Core i3

Dua anggota baru keluarga Huawei MateBook D Series ini akan ikut meramaikan pasar laptop entry-level yang tengah memanas

Glenn Kaonang - 20 August 2021

Pasar laptop entry-level di tanah air terus memanas dalam beberapa pekan terakhir dengan hadirnya sejumlah pemain baru. Seakan tidak mau kehilangan momentum, Huawei pun tengah bersiap untuk meluncurkan dua laptop baru dari keluarga MateBook D Series.

Dua laptop yang dimaksud adalah MateBook D 14 dan MateBook D 15, persisnya varian yang ditenagai prosesor Intel Core i3-10110U. Sebelum ini, Huawei memang sudah lebih dulu memasarkan MateBook D 14 dan D 15 yang dibekali prosesor Intel Core i5. Sayang memang varian terbaru yang diluncurkan belum juga menggunakan prosesor Intel generasi ke-11.

Ketika ditanya mengenai hal ini, Edy Supartono selaku Country Training Manager Huawei Consumer Business Group menjelaskan bahwa riset yang mereka lakukan menunjukkan bahwa prosesor Intel generasi ke-10 sebenarnya masih cukup mumpuni untuk mengakomodasi kebutuhan target konsumen MateBook D14 maupun D15, baik itu kalangan pelajar maupun ibu rumah tangga.

Huawei bisa saja menyematkan prosesor Intel generasi ke-11 ke kedua laptop ini, tapi otomatis harga jualnya pun pasti bakal jadi lebih mahal.

Huawei MateBook D 15 / Huawei

Meski berbeda ukuran, panel layar yang digunakan D 14 dan D 15 sama, yakni panel IPS dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Bezel yang mengitarinya, kecuali di bagian bawah, sangatlah tipis, dan seperti biasa, webcam-nya disembunyikan di balik tombol keyboard ketimbang diposisikan di atas layar. Juga sudah menjadi ciri khas adalah sensor sidik jari yang tertanam di tombol power.

Meski ditujukan untuk segmen entry-level, MateBook D 14 dan D 15 tetap mengusung DNA Huawei perihal estetika premium. Keduanya memiliki rangka yang terbuat dari bahan aluminium. Dimensinya pun tergolong ringkas; D 14 dengan tebal 15,9 mm dan bobot 1,38 kg, sedangkan D 15 dengan tebal 16,9 mm dan berat 1,53 kg.

Pada samping kiri dan kanannya, pengguna bisa menemukan satu port USB-C, dua port USB-A, port HDMI, dan jack audio. Khusus D 15, ada tambahan satu port USB-A. Perangkat dapat di-charge via USB-C, dan Huawei turut menyertakan charger 65 W dengan ukuran yang cukup ringkas pada paket penjualannya.

Baik D 14 maupun D 15 sama-sama mendukung fitur Huawei Share yang memungkinkan pengguna untuk menyambungkan smartphone Huawei via NFC atau Bluetooth. Bukan cuma ponsel, tablet seperti MatePad 11 pun juga bisa dihubungkan dan dioperasikan menggunakan keyboard sekaligus trackpad bawaan laptop.

Rencananya, Huawei MateBook D 14 dan D 15 akan dirilis secara resmi pada tanggal 25 Agustus mendatang. Harga jualnya juga baru akan diinformasikan di hari itu, namun yang pasti lebih terjangkau daripada varian D 14 dan D 15 yang dibekali prosesor Core i5, yang masing-masing dijual seharga Rp10.999.000 dan Rp12.999.000, apalagi mengingat kapasitas RAM dan SSD-nya juga lebih kecil (8 GB/256 GB).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter