Huawei P10 meluncurka pada bulan Februari 2017 lalu, sejumlah fitur jadi sorotan salah satunya adalah komponen kamera yang diracik bersama Leica. 10 bulan sejak kehadiran seri P10, perlahan rumor soal penerusnya mulai bermunculan. Sama, Huawei P11 juga mendapaatkan sorotan di sektor kameranya.

Berdasarkan cuitan akun Twitter Evan Blass, smartphone Huawei P11 kemungkinan bakal mengemas konfigurasi kamera papan atas yang berbeda dari yang sudah-sudah. Kicauan tersebut mengungkap bahwa penerus P10 akan membawa tiga buah kamera di belakang dengan total resolusi mencapai 40MP. Kemudian kamera depan yang disebut memiliki resolusi 24MP. Ke empatnya bakal didukung oleh sensor Leica.

Konfigurasi ini disebut bakal memanfaatkan fitur Hybrid Zoom yang menggunakan optical dan digital zoom secara berkesinambungan. Kamera utamanya disebut mempunyai kemampuan yang baik dalam segala kondisi cahaya, dan masih akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan seperti yang dijumpai di seri Mate 10.

Hubungan antara Huawei dan Leica sejauh ini terlihat semakin harmonis dengan lahirnya beberapa perangkat-perangkat berlensa Leica. Sehingga menghadirkan rasa optimis konfigurasi semacam ini sangat mungkin diwujudkan. Sementara itu di sisi sumber daya Huawei sendiri mempunyai kemampuan yang memadai untuk menopang empat buah kamera sekaligus. Kirin 970 di Mate 10 Series mengemas teknologi NPU atau Neural Processing Unit yang secara terpisah mengerjakan pemrosesan foto dari CPU.

Sayang sejauh ini belum ada bocoran yang menyinggung komponen layar ataupun baterai Huawei P11. Tapi rumor ini berpotensi memancing rumor-rumor lainnya. Apalagi jika melihat rentang waktu peluncuran seri P10, publik punya waktu dua bulan untuk bersiap menyambut kehadiran P11. Rentang waktu yang cukup untuk menemukan kabar lanjutan mengenai perangkat yang sangat mungkin mengemas Android Oreo ini.

Sumber berita PhoneArena dan header ilustrasi Huawei P10.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.