12 October 2017

by Bambang Winarso

Huawei Honor WaterPlay, Tablet Dua Alam Berbasis Android Nougat

Huawei Honor WaterPlay membawa prosesor buatan sendiri dan dua pilihan RAM 3GB atau 4GB

Sub brand Huawei, Honor pada hari Rabu waktu Tiongkok resmi memperkenalkan sebuah tablet Android baru yang dinamai Honor WaterPlay. Sesuai dengan namanya, Honor WaterPlay bisa diajak basah-basahan bahkan menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit lebih berkat sertifikat IP67 yang dikantongi.

Honor WaterPlay menampilkan penampang layar seluas 10.1 inci QXGA yang mempunyai resolusi 1920 x 1200 piksel. Untuk memberikan daya tendang yang mulus, Huawei menyematkan chipset HiSilicon Kirin 659 buatan sendiri yang mempunyai daya gedor 1.7GHz. Padanannya ada grafis Mali T830-MP2 dan RAM sebesar 3GB dan varian teratas dengan RAM 4GB.

Ruang simpan Honor WaterPlay disesuaikan dengan varian RAM masing-masing. Varian RAM 3GB dipasangkan dengan memori seluas 32GB, sedangkan varian 4GB dengan memori 64GB yang masing-masing bisa diperluas dengan memori eksternal tambahan.

Menghadirkan Android 7.0 Nougat dalam polesan EMUI 5.1, Honor WaterPlay membawa serta dua buah kamera di belakang dan depan masing-masing 8MP dan 5MP. Di bawah layar terdapat sebuah tombol fisik yang berperan ganda, sebagai tombol home dan juga sensor sidik jari yang menjadi pintu masuk utama perangkat.

Tablet dengan bekal baterai 6.660mAh ini mempunyai dimensi total 248 x 173 x 7.8mm dengan bobot 465 gram. Cukup berat, namun bobot ini tak akan memberikan beban yang signifikan dibandingkan tablet Android sekelas pada umumnya. Tapi beruntung tablet sudah dilengkapi dengan USB tipe C yang berarti baterai sebesar 6.660mAh akan memperoleh pasokan daya melalui teknologi fast charging demi memangkas waktu. Audio jack 3.5mm juga dipertahankan untuk menjawab kebutuhan pengguna yang masih memakai headset konvensional.

Honor WaterPlay akan dijual perdana di Tiongkok dengan banderol mulai $300 sampai dengan $410. Tersedia juga konfigurasi hanya dengan WiFi dan dengan dukungan seluler dan 4G LTE.

Sumber berita FoneArena dan Weibo.