Smart Speaker Buatan Huawei Bernama iDol Home?

Di dalamnya berisi tentang solusi rumah pintar, kunci yang terhubung ke internet, lampu pintar, set-top box dan kamera keamanan

Tren smart  speaker rupanya membuat Huawei kepincut. Pabrikan asal Tiongkok itu dilaporkan sudah mengamankan nama "iDol" dan "Huawei iDol Home" melalui paten yang mereka ajukan ke European Union Intellectual Property Office pekan lalu.

Tak hanya mengamankan kedua nama tersebut, dokumen paten Huawei juga menjelaskan fungsi dari perangkat yang akan menggunakannya. Keduanya dijelaskan terkait dengan perangkat audio yang terhubung ke perintah suara dan asisten kecerdasan buatan. Di dalamnya disebutkan juga tentang solusi rumah pintar antara lain kunci yang terhubung ke internet, lampu pintar, set-top box dan kamera keamanan. Selanjutnya, referensi dibuat untuk beberapa fungsi, seperti kemampuan untuk mengontrol berbagai perangkat IoT melalui input suara.

Terjunnya Huawei di sektor smart speaker bukanlah tanpa alasan, mengingat beberapa kompetitornya seperti Amazon, Google dan Apple sudah menguasai pasar. Sebelum nantinya terlibat secara langsung, Huawei sendiri sudah mulai membagi fokus ke ranah IA melalui integrasi yang mereka hadirkan di sejumlah flagship Androidnya. Di sektor audio, Huawei memang sudah memiliki beberapa portofolio namun tak satupun yang secara penuh mengadopsi asisten digital seperti yang dilakukan oleh Amazon.

Untuk menyisipkan elemen pintar di speakernya, Huawei dilaporkan sedang menguji kecerdasan buatan bernama HiAssistant yang ditargetkan bisa mulai dikomersilkan sebelum akhir tahun 2018 ini. Huawei juga mengaku terus melakukan eksplorasi sejumlah mesin pembelajar dan teknologi terkait, salah satunya mesin pintar yang mampu memahami emosi manusia.

Huawei jelas sedang dalam mode ngebut untuk merealisasikan rencananya ini. Sebab rivalnya seperti Amazon, Google dan Apple tak akan diam menunggu.

Sumber berita Mobielkopen via Ubergizmo.