Huawei Masih Jadi Nomor Satu di Tiongkok

Jumlah pengapalan smartphone Huawei mengalahkan Oppo, Vivo, Xiaomi dan Apple

Huawei berhasil mempertahankan posisinya sebagai pabrikan perangkat yang paling banyak mengapalkan smartphone di Tiongkok selama kuartal pertama 2017, dengan kembali mencatatkan prestasi bahkan menorehkan angka yang lebih tinggi. Demikian menurut laporan Canalys, perusahaan analisis dan riset.

Menurut Canalys, Huawei berhasil mengapalkan 23 juta unit smartphone atau naik 2 juta unit dibandingkan kuartal pertama sebanyak 21 juta. Catatan ini selain mempertahankan prestasi di kuartal sebelumnya, juga menjadi penegas dominasi mereka di pasar Tiongkok yang di saat bersamaan justru mengalami penurunan 3% setelah enam bulan berturut-turut membukukan peningkatan.

Oppo yang sebenarnya punya catatan pertumbuhan yang mengesankan kuartal lalu harus tertahan di peringkat kedua dengan jumlah pengapalan sebanyak 21 juta unit smartphone. Tambahan ini masih menjadikan Oppo sebagai satu-satunya pabrikan yang mampu menorehkan pertumbuhan di atas 35% dari tahun ke tahun. Tetapi masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan di kuartal pertama yang bahkan mencapai angka 55%.

Vivo tak beranjak dari peringkat ketiga dengan jumlah pengapalan sebanyak 16 juta unit smartphone. Namun catatan ini perlu menjadi perhatian khusus karena dibandingkan dengan kuartal pertama, jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 1 juta unit.

Jika posisi satu, dua dan tiga tidak mengalami perbedaan. Lain halnya dengan peringkat keempat dan kelima. Strategi Xiaomi mendorong pertumbuhan toko offline di samping memperkuat kanal penjualan online terbukti tetap sasaran. Berdasarkan laporan Canalys, Xiaomi berhasil merebut kembali peringkat keempat yang sebelumnya diambil alih oleh Apple. Sebanyak 15 juta unit smartphone berlabel Xiaomi dikapalkan ke Tiongkok, naik tajam dari kuartal sebelumnya yang hanya 9 juta unit.

Lucio Chen, Canalys Research Analyst mengatakan bahwa Xiaomi masih menawarkan nilai terbaik di pasar Tiongkok, dan menjadi pilihan favorit untuk konsumen yang mempertimbangkan harga sebagai keputusan pembelian. Kanal penjualan online masih jadi jalur kunci bagi Xiaomi, dua yang tersukses adalah JD.com dan Tmall.

Sementara itu, di peringkat tujuh besar secara berurutan ditempati oleh Apple, Samsung dan Meizu. Ketiganya sama-sama mengalami penurunan jumlah pengapalan perangkat di kuartal ini.

Jumlah pengapalan bukanlah jumlah penjualan yang sebenarnya di lapangan. Namun jumlah ini kerap jadi acuan untuk menentukan popularitas sebuah brand.

Sumber gambar header ilustrasi Huawei P10.