18 October 2017

by Bambang Winarso

Huawei Mate 10 Lite Tiba Sebagai Alternatif yang Lebih murah

Huawei Mate 10 Lite merupakan penamaan lain dari Maimang 6

Berbeda dengan duo flagship, Mate 10 dan Mate 10 Pro, Huawei Mate 10 Lite tiba nyaris tanpa sambutan yang megah. Padahal, smartphone kelas menengah ini juga jadi perbincangan hangat di media-media online populer dalam beberapa pekan terakhir. Apapun itu, perangkat kini sudah resmi dirilis dan bakal memulai debut di Eropa.

Secara khusus, Huawei Mate 10 lite menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat dengan EMUI 5,1, namun diperkirakan bakal memperoleh jatah update ke Android 8.0 Oreo. Performa perangkat diberikan oleh prosesor octa-core Kirin 659 SoC yang lebih sering digunakan di perangkat kelas menengah. Dan tak seperti flagship Mate 10, chipset ini tidak mempunyai fitur kecerdasan buatan.

Perangkat memamerkan layar berukuran 5,9 inci. Untungnya, aspek rasio yang digunakan sudah 18: 9 dengan resolusi 1080 x 2160 piksel dan bezels yang minimalis. Duduk berdampingan dengan chip Kirin 659 adalah RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diupgrade dengan kartu memori eksternal. Sementara di belakang, duduk baterai 3,340 mAh yang akan menopang daya perangkat.

Untuk mepermanis Mate 10 Lite, Huawei membenamkan empat kamera masing-masing dua di belakang dan dua di depan. Pada bagian belakangnya, bisa dijumpai kamera 16 megapiksel dan 2 megapiksel yang dapat menangkap foto dengan efek bokeh. Sedangkan di depan, Anda akan menemukan sensor 13 megapiksel + 2 megapiksel yang bekerja menyerupai konfigurasi kamera belakang.

Huawei memilih untuk tetap menggunakan port microUSB tradisional untuk Mate 10 Lite ketimbang beralih ke USB Type-C. Perangkat juga dilengkapi jack audio 3.5mm dan mendukung NFC, A-GPS, serta Bluetooth. 4.2. Mate 10 Lite akan tersedia dalam pilihan warna Graphite Black dan Prestige Gold seharga €399 di Eropa. Sebagai model alternatif, harga ini dinilai masih cukup terjangkau dibandingkan Mate 10 Series.

Dari penampilannya, Mate 10 Lite sebenarnya merupakan perangkat yang sama dengan Maimang 6 yang diluncurkan oleh Huawei di negara asalnya bulan lalu. Handset itu juga hadir dengan Android 7.0 Nougat dan dirancang untuk mendampingi seri Mate 10 high-end yang dimaksudkan untuk bersaing di segmen non-premium. Perangkat yang sama juga sudah mendarat di Malaysia dengan nama Huawei Nova 2i.

Sumber berita PhoneArena.