Huawei Perkenalkan MateBook X, Laptop Penantang Baru MacBook

Huawei MateBook X mempunyai rupa yang hampir sama dengan MacBook, dan tentu tak kalah ramping

Berbarengan dengan peluncuran Surface Pro baru oleh Microsoft, Huawei juga secara resmi memperkenalkan beberapa perangkat baru di ranah laptop, salah satunya adalah Matebook X yang sekilas mempunyai rupa yang hampir menyerupai Macbook milik Apple. Salah satu pembeda yang dengan mudah ditemukan adalah logo Huawei di belakang dan di bawah layar.

Dari sisi desain sendiri Huawei Matebook X tak kalah dengan Macbook dengan sasis unibody yang terbuat dari aluminium dan ketebalan hanya 12,5mm, tak heran jika Huawei berani mengklaim laptop barunya ini sebagai salah satu laptop 13 inci tertipis yang pernah ada. Bezelnya sendiri hanya berukuran 4,4mm. Sedikit berbeda dari seri MateBook pertama yang mengusung konsep 2-in-1, MateBook X membawa body aluminium clamshell klasik dengan dimesi 286 x 211 x 12,5 mm, atau 11,3 x 8,3 x 0,5 in. Bobotnya secara otomatis juga jadi relatif ringan, tepatnya 1,05 kg (2,31 lbs).

Di dalam, MateBook X berisi prosesor Intel Core i5 atau i7 generasi ke 7 dan memiliki 256 atau 512 GB built-in penyimpanan internal dan RAM 4GB atau 8GB. Kapasitas memorinya tersedia dalam dua pilihan, 256GB dan 512GB SSD. Laptop ini memiliki dua port USB-C , dan di beberapa wilayah, laptop ini akan dikirimkan dengan tambahan Huawei MateDock 2 dan adapter USB-C ke USB-A. Huawei mengklaim bahwa baterai 41,4Wh yang dibawa oleh MateBook X mampu bertahan sampai 10 jam saat memutar video tanpa henti.

Huawei MateBook X akan mulai dijual dengan banderol mulai $1,569. Dan untuk menemaninya, Huawei juga mengumumkan varian Matebook E dan MateBook D. MateBook E merupakan model penyegaran dari model asli MateBook, menawarkan layar 2K dengan baterai yang mampu bertahan hingga 9 jam dan keyboard baru. MateBook E bisa ditebus dengan mahar $1,120.

Sedangkan MateBook D membawa layar 15 inci yang menawarkan spesifikasi kelas menengah, seperti prosesor Intel Core i5 atau i7, RAM 4GB, 8GB dan 16GB, dan memori seluas 1TB HD. Tersedia pula pilihan memori SSD, banderolnya dimulai di kisaran $896 tergantung konfigurasi yang dipilih.

Huawei MateBook D

Huawei MateBook E

Sumber berita Huawei [1][2][3]