Huawei Umumkan MatePad Pro, Pesaing iPad Pro dengan Layar Hole-Punch

Huawei Umumkan MatePad Pro, Pesaing iPad Pro dengan Layar Hole-Punch

Sayangnya lagi-lagi tidak ada Google Mobile Services
Huawei MatePad Pro / Huawei
Huawei MatePad Pro / Huawei

Huawei punya tablet baru untuk menantang iPad Pro. Namanya MatePad Pro, dan sepintas ia memang kelihatan begitu mirip seperti tablet bikinan Apple tersebut, mulai dari bezel tipis yang mengitari layarnya, sampai dengan tonjolan kamera di belakangnya.

Meski serupa, Huawei boleh sedikit berbangga atas bezel layar MatePad Pro yang lebih tipis di angka 4,9 mm. Ini dimungkinkan berkat kamera depan 8 megapixel yang mengadopsi model hole-punch layaknya ponsel-ponsel flagship Samsung. Layar AMOLED 10,8 incinya pun juga mengemas resolusi yang sedikit lebih tinggi di angka 2560 x 1600 pixel.

Kemiripan itu terus berlanjut sampai ke bobot perangkat; berat MatePad Pro berkisar 460 gram, hanya selisih 8 gram dari iPad Pro 11 inci. Kendati demikian, bodi MatePad Pro rupanya sedikit lebih tebal; 7,2 mm dibanding tebal iPad Pro yang cuma 5,9 mm. Juga mirip adalah sistem audionya yang terdiri dari empat buah speaker.

Huawei MatePad Pro

Sebagai tablet kelas flagship, spesifikasinya tentu jauh dari kata mengecewakan. Huawei membekalinya dengan chipset Kirin 990, pilihan RAM 6 atau 8 GB, serta storage internal 128 atau 256 GB. Baterainya tercatat memiliki kapasitas 7.250 mAh, dan MatePad Pro pun telah mendukung fitur Huawei SuperCharge 40 W, wireless charging maupun reverse wireless charging.

Tanpa harus terkejut, Huawei turut merancang dua aksesori untuk menemani MatePad Pro, yakni keyboard cover dan stylus. Keduanya lagi-lagi sangat mirip dengan kepunyaan iPad Pro, bahkan stylus-nya pun dapat di-charge dengan ditempelkan secara magnetis ke sisi tablet, persis seperti yang Apple tawarkan.

Dari segi software, MatePad Pro datang membawa sistem operasi Android 10 dengan skin EMUI 10 di atasnya. Sejumlah fitur menarik yang ditawarkan EMUI 10 pada tablet ini mencakup mode desktop dengan kapabilitas multi-window, serta mode split-screen dengan ponsel Huawei yang kompatibel untuk keperluan kolaborasi.

Huawei MatePad Pro

Masih seputar software, ada satu kekurangan fatal yang harus konsumen perhatikan: MatePad Pro tidak dilengkapi dukungan Google Mobile Services. Ya, sama nasibnya seperti Huawei Mate 30, ini berarti MatePad Pro hanya dapat mengakses YouTube maupun produk-produk Google lainnya melalui browser.

Di Tiongkok, Huawei MatePad Pro dijadwalkan masuk ke pasaran mulai 12 Desember mendatang. Harganya dipatok 3.299 yuan (± Rp 6,6 juta) untuk varian Wi-Fi only dengan RAM 6 GB dan storage 128 GB, sedangkan untuk varian LTE-nya, banderolnya adalah 3.799 yuan (± Rp 7,6 juta) untuk varian 6 GB/128 GB, dan 4.499 yuan (± Rp 9 juta) untuk varian 8 GB/256 GB.

Sumber: GSM Arena.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…