8 December 2017

by Bambang Winarso

Huawei Nova 2S Resmi Diumumkan, Boyong 4 Kamera dan Memori 128GB

Desain dan harga nyaris sama dengan V10, tapi Huawei Nova 2S fokus pada kamera

Menuntaskan rumor yang lebih dulu merebak, pada hari Kamis waktu Tiongkok, Huawei resmi memperkenalkan smartphone baru, Nova 2S yang tak lain dan tak bukan merupakan penerus dari seri Nova 2.

Dalam hal desain, Nova 2s hampir mirip dengan Honor V10 namun dengan beberapa perubahan. Tapi jika dibandingkan dengan seri Nova 2, ada banyak perubaha hanya di bagian desaiannya saja. Nova 2s tampak menggunakan bezel atas dan bawah jauh lebih tipis dan terdapat tombol sensor sidik jari di bagian depan yang menggantikan logo Huawei di pendahulunya.

Layar dan Jeroan Nova 2S

Layar Nova 2s juga lebih lebar 0,99 inci dibandingkan Noca 2 menjadi 5,99 inci dengan resolusi FHD+ dan lapisan kaca 2.5D. Seperti sudah disebutkan di awal, bezel Nova 2s jauh lebih tipis sehingga makin mengoptimalkan penampang layar yang sudah ada.

Ditenagai chipset buatan sendiri, Kirin 960, Nova 2S tiba dalam tiga konfigurasi, antara lain RAM 4GB + 64GB, RAM 6GB + 64GB dan Ram 6GB + 128GB. Ketiga konfigurasi ini masih bisa diperluas dengan menyematkan memori eksternal di slot microSD yang disediakan.

Kamera Jadi Senjata Utama

Perbedaan besar lainnya, seri Nova 2S menggunakan 4 buah kamera dengan porsi 2 kamera di belakang dan 2 kamera di depan. Konfigurasi tak biasa ini menjadikan Nova 2S berpotensi menjadi pilihan para penggemar fotografi mobile dan juga selfie. Kamera utamanya menggunakan sensor RGB 16MP yang dipadukan dengan sensor monokrom 20MP yang saling bersinergi menghasilkan jepretan yang sangat detail. Sementara di depan, tersaji kombinasi kamera 20MP + 2MP untuk mengabadikan objek dengan kedalaman optimal. Kamera depan juga sudah dilengkapi dengan flash LED.

Mendukung dual SIM hybrid, smartphone berbasis Android 8.0 Oreo ini memiliki dukungan NFC untuk berbagai keperluan, begitu juga fitur konektivitas standar smartphone modern seperti Bluetooth, WiFi, 4G LTE, dan USB tipe C. Di balik panel belakangnya duduk baterai sebesar 3.340mAh yang hanya butuh 2 jam pengisian untuk terisi penuh dari kondisi kerontang.

Harga dan Ketersediaan

Huawe Nova 2S dijadwalkan untuk dijual mulai tanggal 12 Desember mendatang dengan banderol bervariasi. Varian 4GB+64GB dijual seharga $408, kemudian varian 6GB+64GB di harga $453 dan teratas dengan RAM 6GB+128GB dijual di kisaran $514. Yang menjadi pertanyaan, mengapa Huawei menawarkan perangkat di kelas yang sama dengan punggawa lainnya, V10 yang juga dijual di tingkat harga yang sama? Bukankan ini bisa mengakibatkan kanibalisme di antara keduanya? Jawabannya relatif. Karena faktanya, seri Nova 2 menawarkan apa yang tidak dipunyai V10, begitu juga sebaliknya. Nova 2 menawarkan 4 kamera, sedangkan V10 hanya 3. Tapi, Seri V10 sudah menggunakan Kirin 970, sedangkan Nova 2s ini masih dengan Kirin 960. Satu fokus pada kamera, dan yang lainnya fokus pada performa. Tinggal konsumen mau memilih yang mana.

Sumber berita AndroidHeadlines and Weibo.