27 February 2017

by Bambang Winarso

Huawei P10 dan P10 Plus Ikut Ramaikan MWC 2017

Huawei P10 dan P10 Plus masih mengandalkan sistem kamera ganda dari Leica

Huawei ikut meramaikan ajang tahunan MWC 2017 di Barcelona bersama beberapa pabrikan perangkat kelas dunia lainnya, seperti LG dan juga Lenovo. Sejalan dengan LG, Huawei memanfaatkan gelaran bergengsi ini untuk menyingkap smartphoneflagship terbarunya, P10 yang tak sendirian, tetapi ditemani varian tertinggi, P10 Plus.

Di Huawei P10 dan P10 Plus terdapat satu nama yang dipercaya menambah nilai jual perangkat. Hadirnya nama Leica sejak generasi P9 menjadi kolaborasi paling sukses melalui gebrakan kamera ganda berkualitas tinggi. Di P10, nama Leica kembali hadir menghiasi kamera utama perangkat bersama dengan desain unibody aluminium seperti yang dijumpai di seri terdahulu. Tapi kali ini, tak ada bumper di sepanjang kamera belakang perangkat. Perubahan lain yang juga bisa dijumpai adalah posisi pemindai sidik jari yang kini diletakkan di bagian depan sekaligus berfungsi sebagai tombol home.

Sekarang giliran kita bahas spesifikasi Huawei P10 dan P10 Plus, kita mulai dari komponen layar. Layar Huawei P10 memiliki ukuran 5,1 inci dengan resolusi FHD dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Sementara untuk varian P10 Plus memiliki ukuran 5,5 inci dengan resolusi 2K. Jeroan keduanya sama-sama ditopang oleh chipset Kirin 960 buatan Huawei, berduet dengan Mali-G71 MP8 untuk urusan grafis.

Konfigurasi RAM dan memori Huawei P10 dan P10 dibedakan atas beberapa pilihan. Huawei P10 datang dalam pilihan RAM 4GB dan memori 64GB, sedangkan varian tertinggi tersedia dalam pilihan 4GB dan 6GB, serta kapasitas memori terdiri dari 64GB dan 128GB.

Sebagaimana yang banyak dibicarakan, Huawei P10 dan P10 Plus mempunyai komponen kamera yang istimewa. Nama besar Leica yang ada di belakang kamera kedua ponsel menjadi alasannya. Huawei P10 mengemas kamera utama dengan dua kombinasi kamera, 12MP dan 20MP. Kamera-kamera ini dibekali fitur aperture f/2.2 dengan dukungan OIS dan sejumlah fitur modern lainnya. Sementara varian Plus menggunakan aperture f/1.8 dan juga OIS dengan resolusi yang sama. Sebagai pembeda, Huawei membenamkan aplikasi Dual-Camera 2.0 Pro Edition di varian P10 Plus. Untuk kamera depan, keduanya sama-sama menggunakan sensor 8MP dengan aperture f/1.9 yang juga cukup istimewa.

Smartphone berbasis Android 7.0 Nougat yang ditenagai baterai 3.200mAh dan 3.750mAh ini akan dirilis mulai dari bulan Maret 2017, ke beberapa negera antara lain:

Australia, Austria, Chile, China, Kolombia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Yunani, Italia, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Peru, Filipina, Polandia, Rusia, Arab Saudi, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol , Swedia, Thailand, Turki, UEA, Inggris Raya, dan Vietnam.

Huawei P10 Plus

Sumber berita Huawei, Facebook, dan GSMArena.