2 February 2017

by Bambang Winarso

Huawei P10 Lite Dibekali RAM 4GB dan Memori Jauh Lebih Lega?

Peningkatan signifikan diyakini bakal dibawa oleh Huawei P10 Lite dibandingkan model terdahulu

Tahun lalu beberapa saat setelah meluncurkan flagshipP9, Huawei juga menawarkan varian lebih rendah dan lebih terjangkau, P9 Lite. Kendati mengalami sejumlah penurunan, varian Lite tetap punya tempat di hati pengguna berkat keterjangkauannya.

Berkaca pada rekam jejak sebelumnya, sejumlah pihak pun meyakini Huawei bakal meluncurkan kembali versi lite untuk flagship berikutnya, P10 yang disebut-sebut bakal diperkenalkan pada bulan Maret mendatang. Bocoran terbaru memperkuat spekulasi tersebut.

Menurut bocoran terbaru, Huawei P10 Lite memiliki nomor model WAS-LX1A yang dikatakan muncul dalam listing Geekbench. Dalam dokumen benchmark tersebut terpampang adanya sebuah ponsel yang mengusung prosesor octa-core Kirin 655 dengan kecepatan clock 2,1GHz yang dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan seluas 64GB. Smartphone juga bakal menjalankan sistem operasi Android 7.0 Nougat, memastikan perangkat mempunyai interface dan fitur-fitur terbaru dari OS tersebut.

Sebagai perbandingan, Huawei P9 Lite dipersenjatai chip HiSilicon Kirin 650 berisi prosesor octa-core (quad-core Cortex-A53 2GHz dan quad-core Cortex-A53 1,7GHz) serta GPU Mali-T830MP2, ditemani RAM 3GB dan memori seluas 16GB. Perangkat berjalan di platform Android 6.0 Marshmallow dan telah beroperasi di jaringan 4G.

Jika dibandingkan spek di atas, ada peningkatan di sisi prosesor, RAM, kapasitas memori dan juga sistem operasi yang digunakan. Hanya saja, bocoran spek ini masih terlalu dini untuk disebut sebagai spek final. Kita masih harus menunggu sampai Huawei benar-benar meresmikannya.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header ilustrasi P9 Lite.