Categories

Gadget

Huawei P20 dan P20 Pro Diresmikan, Bawa Kamera Leica yang Lebih Gahar

Huawei P20 dan P20 Pro membawa prosesor yang sama, tapi model Pro punya tiga buah kamera dan baterai 4000mAh

Bambang Winarso - 28 March 2018

Sejak rumor soal penerus P10 merebak, banyak analis meyakini Huawei tidak lagi mengacu pada penamaan di seri-seri sebelumnya. Artinya, mereka tidak akan menggunakan urutan 11, 12 dan seterusnya untuk menjadi suksesor P10. Menjawab berbagai spekulasi yang ramai berkembang, hampir berbarengan dengan peluncuran Xiaomi Mi MIX 2S, Huawei akhirnya resmi menyibak flagship terbarunya, P20 bersama varian teratas, P20 Pro.

Huawei P20

Kita mulai dari Huawei P20. Ini adalah Smartphone Android penerus Huawei P10 yang diluncurkan tahun lalu, di mana dijumpai ada banyak perubahan dan peningkatan penting. Di balik material logamnya yang kokok, berdiam chipset gahar Kirin 970 buatan Huawei sendiri, NPU khusus untuk menangani tugas yang berkaitan dengan kecerdasan buatan, RAM sebesar 4GB dengan penyimpanan 64GB.

Saat memandang Huawei P20 dari depan, kita bisa temukan area tambahan di bagian atas yang familiar disebut dengan notch atau poni. Meski ukurannya relatif lebih kecil ketimbang notch di iPhone X, namun Huawei sukses menyematkan kamera depan 24MP yang menjadi mata bagi fitur Face Unlock dan juga menjadi rumah bagi speaker bundar. Notch ini terhubung ke bezel atas dan samping yang membalut layar selebar 5,8 inci dengan resolusi 1080 x 2244 piksel. Untuk mengakomodasi tambahan sensor sidik jari, Huawei menyisakan bezel bawah, satu-satunya area di bagian depan yang terlihat paling lebar.

Mengimbangi tren terkini, Huawei juga menyempurnakan komponen kamera di P20 ini. Sekali lagi, Huawei kembali menggandeng Leica untuk menghadirkan kamera berkelas dan menggabungkannya dengan teknologi kecerdasan buatan untuk kualitas jepretan yang sempurna.

Di atas kertas, Huawei P20 menawarkan sensor monokrom 20MP f/1.6 yang dipasangkan dengan sensor 12MP f/1.8 RGB. Ada banyak fitur baru yang dibenamkan di dalam kamera. Antara lain fitur Ultra Snapshot, fokus prediksi 4D untuk mengambil foto objek yang bergerak cepat, perekaman video super lambat 960 fps, dan ada stabilisasi Gambar AI untuk bidikan low-light di mode malam. Dukungan daya datang dari komponen baterai sebesar 3.400mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat, SuperCharge.

Huawei P20 Pro

Jagoan lain yang juga diumumkan oleh Huawei adalah P20 Pro, varian teratas dengan sejumlah peningkatan. Dapur pacu P20 masih sama dengan apa yang diusung oleh P20, tetapi dengan layar LCD selebar 6,1 inci yang relatif lebih lega. Seperti P20, layar ini juga masih mempunyai notch dan dagu sebagai rumah bagi kamera depan dan sensor sidik jari. Melengkapi spesifikasi utama, ada RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Di samping mendapatkan penopang daya 4000mAh, Huawei P20 Pro juga mendapatkan peningkatan di komponen kamera di mana bukan dua melainkan ada tiga buah kamera. Kamera utama P20 Pro mengadopsi sensor sebesar 40MP RGB dan sensor telefoto 8MP yang bersinergi untuk membidik objek dengan efek dan kualitas yang lebih baik. Kemudian sensor ekstra 20MP yang duduk di posisi terpisah namun masih dalam satu garis vertikal.

Untuk urusan ini, Huawei menggunakan teknologi yang disebut Light Fusion untuk menangkap gambar dengan sensor 40MP. Apa yang dilakukan adalah dengan menggabungkan data yang diambil dari empat piksel berbeda menjadi satu. Hasilnya adalah foto yang lebih tajam, cerah, dan lebih detail.

 

Harga dan Ketersediaan

Dikutip dari GSMarena, Huawei P20 tersedia dalam beberapa warna, antara lain warna Twilight, Pink Gold, Midnight Blue, Black dan Champagne Gold dengan banderol €649 dan akan dijual mulai hari ini.

Sedangkan Huawei P20 Pro dijual seharga €899 dalam balutan warna Black, Midnight Blue, Twilight, dan Pink Gold. Model ini akan mulai dijual pada tanggal 6 April mendatang.

Sumber berita Huawei P20 dan P20 Pro.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter