Categories

Gadget

Huawei Perkenalkan Monitor MateView dan MateView GT: Produktivitas dan Curved Gaming

Monitor dari Huawei untuk produktivitas dan yang melengkung untuk gaming

Dimas Galih W. - 7 June 2021

Huawei kembali meluncurkan sebuah lini produk baru yang bakal dijual di Indonesia. Produk yang mereka luncurkan masuk ke dalam angka 8 pada strategi 1+8+N yang selalu digaungkan oleh Huawei. Produsen asal Tiongkok ini meluncurkan produk monitor yang diberi nama Huawei MateView dan Huawei MateView GT.

Huawei pun mengundang para jurnalis untuk menyaksikan penjelasan dari  Loic Lee, Huawei CBG APAC Region Senior Product Expert. Produk ini akan ditujukan untuk mereka yang suka membuat konten video serta pada gamer. Khusus untuk gamer, Huawei mendesainnya dengan bentuk yang melengkung.

Monitor pertama yang diperkenalkan adalah Huawei MateView. MateView merupakan monitor dengan LCD IPS berdimensi 28,2" dan memiliki aspect ration 3:2. Resolusi yang dimiliki adalah 3840x2560 piksel dengan 500 nits yang lebih terang, namun rasio kontrasnya hanya 1200:1 saja. Monitor ini memiliki dukungan warna 10bit yang mencakup 98% DCI-P3 dan juga 100% sRGB.

Huawei MateView memiliki beberapa port untuk ditancapkan. Yang cukup mengesankan adalah monitor ini memiliki dukungan terhadap USB-C. Selain itu, ada pula HDMI 2.0, mini Display Port 1.2, dua buah USB 3.0 tipe A, dan juga audio 3,55 mm. Jadi, pengguna juga bisa langsung menancapkan keyboard dan mouse langsung pada monitor yang satu ini.

Port USB-C yang ada pada MateView juga bisa ditancapkan ke sebuah smartphone dan dapat mengisi daya hingga 65 watt. Jika sebuah laptop memiliki spesifikasi pengisian yang sama, tentu saja bisa juga diisi dayanya melalui monitor ini.  Selain itu, MateView juga memiliki dua buah speaker 5W dan dua buah mikrofon, sehingga cocok untuk melakukan percakapan melalui aplikasi konferensi seperti Zoom.

MateView ternyata juga mendukung Wireless Projection langsung tanpa bantuan alat lain. Apalagi, saat ini smartphone Huawei dengan EMUI 12 sudah memiliki fitur Wireless Projection dan bisa langsung melakukan mirroring ke layar monitor yang satu ini secara nirkabel.

Monitor kedua yang diperkenalkan adalah Huawei MatView GT. Ini adalah pertama kali Huawei memiliki monitor yang khusus ditujukan untuk para gamer. Monitor dengan dimensi 34 inci ini memiliki aspect ratio 21:9 dengan resolusi 3440 x 1440 dan kelengkungan 1500R. Jadi monitor ini terlihat cukup menjulang dari sisi kiri ke kanannya.

Monitor yang satu ini juga memiliki kecerahan hingga 350 nits dengan contrast ratio 4000:1 (lebih baik dari MateView). MateView GT juga memiliki refresh rate 165 Hz, namun sayangnya belum dapat dipastikan apakah mendukung G-Sync dari NVIDIA dan FreeSync dari AMD atau tidak. Hal ini tentunya hanya bisa diaplikasikan saat menggunakan DisplayPort 1.4 saja.

Monitor ini juga bisa menghadirkan fitur Dark Field Control di mana akan membantu penggunanya untuk melihat tempat yang terlalu gelap dan terlalu terang. Huawei MateView GT juga mendukung HDR10 serta memiliki cakupan warna DCI-P3 90% serta sRGB 121%. Panel yang digunakan pada MateView GT juga masih menggunakan LCD IPS.

Selain memiliki desain lengkung, ada satu lagi keunikan yang ditawarkan Huawei pada monitor yang satu ini. Monitor ini ternyata memiliki soundbar dengan speaker stereo. Speaker yang terpasang didalam soundbar tersebut ada dua untuk suara stereo dengan daya 2,5 watt dan sebuah kontrol sentuh RGB untuk menaikkan dan menurunkan volume serta efek pencahayaan. Selain itu, terdapat dua buah mikrofon juga agar pengguna dapat langsung berkomunikasi dengan teman main saat online.

Untuk konektivitas, monitor ini memiliki dua buah port USB-C di mana yang satu untuk daya dan yang satu dapat digunakan secara penuh. Selain itu terdapat dua port HDMI serta sebuah DisplayPort. Untuk menancapkan headphone, tersedia pula sebuah audio port pada monitor ini.

Sayangnya, harga untuk kedua monitor masih belum diinformasikan. Rencananya, monitor ini akan masuk Indonesia pada bulan Juli 2021. Jadi, mari kita tunggu saja kehadiran dari kedua monitor ini serta update harganya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter