26 February 2013

by Yoga Nandiwardhana

Huawei Siapkan Pesaing Google Glass?

Tampaknya persaingan komputer yang bisa dikenakan atau wearable computer akan semakin meruncing dalam tahun-tahun ini. Seperti kita ketahui Google baru saja meluncurkan video yang memvisualisasikan rasanya memakai Google Glass mereka, dan Apple sedang hangat-hangatnya digosipkan akan meluncurkan perangkat komputer berupa jam tangan. Sekarang raksasa elektronik asal Cina, Huawei, juga mengaku bahwa mereka sedang menyiapkan teknologi pesaingnya.

Saat berbicara pada sesi tanya jawab di acara Mobile World Congress di Barcelona, CEO Consumer Products Huawei Richard Yu menyatakan bahwa mereka juga sedang mengembangkan teknologi ke arah wearable computer, walau tidak mengungkapkan dengan pasti seperti apa wujudnya. “Saya sangat ingin menunjukkan kepada kalian apa yang sedang kami kerjakan untuk lima sampai sepuluh tahun ke depan,” kata Yu, “termasuk di antaranya kacamata (seperti Google Glass).”

Google Glass sendiri sudah mulai menerima pre-order untuk versi developer seharga US$1500, dan diharapkan akan diluncurkan di akhir tahun ini. Saat ini belum terlihat ada pesaing yang sudah siap dengan produk yang serupa atau mirip.

Kalau saat ini di pasar gadget terjadi persaingan ketat antara produk premium dan produk kelas ekonomis asal Cina, bukan tidak mungkin kondisi yang sama akan juga terjadi pada pasar wearable computer nantinya. Tentu saja persaingan ini di mata konsumen akan menguntungkan, karena semua pihak akan berlomba mengeluarkan produk yang terbaik dengan harga yang sepadan.

Sumber gambar adalah hasil olahan dari contoh gambar Google Glass dan logo Huawei.