25 February 2020

by Glenn Kaonang

Huawei Umumkan Sound X, Smart Speaker Hasil Kolaborasinya Bersama Devialet

Unggulkan volume yang jauh lebih keras dari produk sekelas

Di samping meluncurkan Mate Xs, Huawei juga memperkenalkan smart speaker baru bernama Sound X. Speaker ini merupakan hasil kreasi mereka bersama Devialet, ahli audio asal Perancis yang dikenal lewat seri produk Phantom-nya, yang boleh dibilang merupakan salah satu speaker wireless paling perkasa yang pernah ada.

Apa saja kelebihan Sound X? Suara 360 derajat dengan volume yang jauh lebih keras dari produk pesaing kalau kata Huawei dan Devialet. Tidak tanggung-tanggung, Sound X mengemas sepasang subwoofer berdaya total 60 watt dan 6 full-range driver dalam bodi kecilnya yang langsung mengingatkan saya pada Apple HomePod.

Uniknya, kedua subwoofer tersebut diposisikan saling memunggungi guna mengeliminasi getaran yang ditimbulkan selagi masih menyuguhkan dentuman bass yang mantap – salah satu trik cerdas yang diaplikasikan Devialet selama ini. Begitu efektifnya Sound X meredam getaran, Huawei mengklaim konsumen dapat meletakkan segelas air di atasnya, dan gelasnya tidak akan tumpah meski Sound X sedang dipakai memutar musik.

Untuk voice assistant-nya, Huawei kembali memercayakan bikinannya sendiri, Xiaoyi. Ya, speaker ini memang hanya akan dipasarkan di Tiongkok, akan tetapi Huawei ternyata juga punya rencana untuk membawanya ke negara-negara lain. Di luar Tiongkok, Sound X sepertinya bakal mengusung integrasi Amazon Alexa.

Berapa harganya? Cukup terjangkau kalau dibandingkan dengan produk-produk Devialet sendiri, yakni 1.999 yuan (± Rp 3,9 jutaan). Sayang Huawei belum merincikan harga dan jadwal rilisnya di luar Tiongkok.

Sumber: 1, 2, 3.