16 October 2017

by Bambang Winarso

Huawei Y6 Pro (2017) Beralih ke Snapdragon Tapi dengan Baterai Lebih Kecil

Sejumlah peningkatan juga dihadirkan, antara lain dari sisi desain, material dan sensor sidik jari

Huawei baru saja meluncurkan smartphone barunya - Huawei Y6 Pro (2017) di Eropa. Sesuai namanya, ini adalah versi upgrade dari Huawei Y6 (2017) atau merupakan sekuel kedua dari model yang berlabel sama, Huawei Y6 Pro keluaran tahun 2016.

Smartphone ini hadir dengan banyak perubahan penting, termasuk material pembangun dan prosesor yang menjadi juru gedor perangkat. Berbeda dengan model Y6, Y6 Pro (2017) ini sudah dicover oleh bodi logam yang kokoh dengan lebar layar 5 inci FHD yang bening. Dan jeroannya sudah mengadopsi chipset Snapdragon, bukan MediaTek.

Pilihan Huawei untuk sektor dapur pacu jatuh pada Qualcomm Snapdragon 425. Jika boleh dibandingkan, seri Y6 Pro (2016) menggunakan MediaTek MT6735P dengan empat inti prosesor. Meskipun kapasitas RAM dan memorinya masih dipertahankan seluas 2GB dan 16GB. Ada juga slot kartu microSD, yang memungkinkan pengguna untuk lebih memperluas kapasitas penyimpanannya.

Tiba ke pembahasan kamera, untuk memuaskan dahaga fotografi pengguna modern, Huawei membenamkan kamera 13MP di belakang. Kamera ini dilengkapi oleh berbagai fitur dan juga kemampuan untuk membidik objek dengan kualitas baik. Sementara kamera depannya menggunakan sensor 5MP.

Smartphone berbasis Android 7.0 Nougat OS dengan polesan EMUI 5.1 ini, didukung oleh baterai 3.020mAh yang diklaim mampu bertahan selama lebih dari 2 hari untuk mendengerkan musik secara terus menerus, 15 jam untuk menonton video HD atau 12 jam navigasi memakai jaringan 4G. Sebuah catatan yang impresif jika memang klaim ini benar adanya. Tapi di atas kertas, baterai ini terbilang mengecewakan. Pasalnya, seri terdahulunya justru sudah menggunakan baterai jauh lebih besar, yakni ย 4.000mAh.

Beruntung perangkat kini sudah dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang. Huawei sesumbar sensornya ini bisa membuka perangkat dalam waktu 0,5 detik. Sensor sidik jari ini juga bisa digunakan untuk mengendalikan jam alarm, menjawab panggilan, mengendalikan bar notifikasi atau mengambil screenshot.

Huawei Y6 Pro (2017) tersedia dalam tiga pilihan warna - Black, Silver dan Gold. Perangkat saat ini tersedia di Jerman, Italia dan Prancis dengan harga di kisaran โ‚ฌ179.

Sumber berita Huaweiย dan Amazon.