Categories

Gadget

Hug Smartwatch Tawarkan Kemudahan Mengontrol Bermacam Perangkat Memakai Gesture

Mulai dari komputer, lampu pintar sampai drone, semua bisa dikendalikan dengan gesture

Glenn Kaonang - 21 December 2015

Tidak selamanya smartwatch cuma berfungsi sebagai pelengkap maupun pengganti smartphone. Konsepnya yang wearable sanggup membuka potensi penggunaan baru, seperti misalnya sebagai remote control bermacam perangkat, mulai dari Oculus Rift sampai sebuah drone

Itulah ide di balik lahirnya Hug Smartwatch. Dikembangkan oleh startup asal India, Hug Innovations, smartwatch ini sempat menjadi pusat perhatian saat dipamerkan pada ajang Microsoft Future Unleashed pada bulan November kemarin, sebelum akhirnya siap dijual ke publik tidak lama lagi.

Tapi sebelumnya, mari membahas soal fisiknya, karena ini merupakan salah satu aspek terpenting dari sebuah smartwatch. Tampang Hug cukup standar, dengan balutan case setebal 11,2 mm yang terbuat dari bahan PC+ABS resin. Ringkas dan ringan di angka 46 gram, ia juga tahan air dengan sertifikasi IP56.

Hug Smartwatch

Terlepas dari wajah standarnya, Hug menyimpan fitur canggih yang sangat inovatif. Memadukan sensor gyroscope, accelerometer dan magnetometer, Hug dapat mengenali gerakan tangan Anda, yang berarti Anda bisa mengontrol perangkat lain menggunakan gesture.

Untuk menghentikan video yang tengah diputar di komputer misalnya, pengguna tinggal mengibaskan tangannya lalu menarik ke belakang dengan cepat. Penerapan gesture ini tentu saja juga amat ideal dipakai saat berpresentasi, atau sekedar bersenang-senang dengan mobil RC maupun drone.

Hug Smartwatch

Tentu saja fitur standar smartwatch juga diusung oleh Hug, seperti misalnya activity tracking maupun heart-rate monitoring. Ia mengemas layar 1,6 inci beresolusi 240 x 240 pixel, sedangkan baterainya diperkirakan bisa bertahan sampai 2 hari pemakaian normal.

Di luar sana, memang masih ada banyak smartwatch keren yang juga kompatibel dengan Android dan iOS seperti Hug Smartwatch ini. Akan tetapi fungsi remote control berbasis gesture yang ditawarkan benar-benar unik dan bermanfaat, khususnya di era Internet of Things ini.

Hug Smartwatch rencananya akan segera dipasarkan secara eksklusif melalui online retailer ternama di India, Flipkart. Sayang sejauh ini belum ada informasi soal harga maupun ketersediaannya untuk pasar internasional.

Sumber: Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id