Categories

Gadget

Hybrid Smartphone dan Robot Sharp RoBoHoN Akan Segera Tersedia, Harganya Tidak Murah

Layaknya robot, RoBoHon bisa berjalan, berbicara, menari, serta mengetahui suara pemiliknya.

Yoga Wisesa - 15 April 2016

Ada alasan kompleks mengapa orang Jepang begitu mencintai robot. Di negara maju lain, robot dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan - menjawab telepon, memproduksi kendaraan, hingga pertahanan. Namun bagi orang Jepang, robot bukan lagi sekedar 'pembantu' manusia. Hampir semua perusahaan raksasa di sana memiliki visi ambisius di bidang robotik.

Di bulan Oktober 2015, Sharp memperkenalkan satu perangkat unik. Ide di balik pembuatannya ialah upaya memadukan smartphone dengan fungsi asisten pribadi digital yang dibenamkan ke tubuh robot. Kreasi tersebut Sharp namai RoBoHon, singkatnya, ia adalah robot sekaligus alat komunikasi pintar. Saat itu, sang produsen asal Jepang diketahui memiliki rencana untuk meluncurkannya di paruh tahun pertama 2016.

RoBoHon duduk di docking.

RoBoHon berdiri setinggi 20-sentimeter, mempunyai penampilan lucu dengan tubuh berwarna hitam dan putih. Ia dapat Anda kendalikan lewat suara, lalu ada layar sentuh 320x240-pixel di bagian punggung buat memasukkan perintah-perintah yang rumit. Layaknya robot, RoBoHon bisa berjalan, berbicara, menari, mengetahui suara pemiliknya, bahkan mampu memproyeksikan koleksi foto Anda melalui proyektor build-in.

Kemampuan robot itu turut diintegrasikan ke kapabilitas smartphone. Ia dapat membacakan teks atau mengirimkan pesan yang Anda dikte-kan. RoBoHon juga bisa dipergunakan sebagai fotografer pribadi, baik untuk selfie maupun foto grup. Uniknya lagi, jika Anda menangis saat robot sedang menampilkan proyeksi foto, RoBoHon akan bilang 'semua baik-baik saja'.

RoBoHon mempunyai proyektor build-in.

Di website, Sharp memperlihatkan bermacam-macam kegunaan RoBoHon. Di tempat kerja, robot dapat membantu Anda mencari info spesifik di internet serta mengingatkan jadwal meeting atau acara penting lain. Kemudian, dia akan membantu Anda memperoleh resep makanan sewaktu memasak, menemani Anda dalam perjalanan (plus fitur GPS), serta dijadikan proyektor untuk menonton video.

Melihat dari perspektif perangkat bergerak, spesifikasi RoBoHon mungkin tidak secanggih smartphone-smartphone high-end. Ia memang sudah mendukung jaringan 4G LTE, tetapi chip Qualcomm Snapdragon 400 di sana terasa timpang dengan harganya. Terlepas dari itu, Sharp tampak percaya diri. Buat menyertai penjualan RoBoHon, mereka telah menyiapkan sejumlah aksesori, misalnya docking, tas dan gantungan.

Tas buat membawa RoBoHon.

Masalahnya, menelepon dengan RoBoHon akan membuat Anda jadi pusat perhatian. Dan ada kendala lain: RoBoHon tidak murah. Ia dibanderol seharga ¥ 198.000 atau kisaran US$ 1.800. Untuk sekarang, RoBoHon cuma tersedia buat konsumen Jepang, dirilis tanggal 26 Mei nanti.

Via Wall Street Journal. Sumber: Sharp.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter