5 January 2015

by Oki Rosgani

Hyundai Akan Gunakan Android Wear Sebagai Kunci Mobil

Hyundai, salah satu produsen kendaraan yang berbasis di Korea, kini tengah menyiapkan inovasi baru dengan melibatkan perangkat wearable sebagai perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan dan mengontrol beberapa model kendaraan besutannya.

Hyundai telah memilih smartwatch atau jam tangan pintar yang berjalan dengan platformAndroid Wear untuk dapat digunakan sebagai perangkat yang bisa mengontrol kendaraan, mulai dari mengunci dan membuka pintu mobil, menjalankan mesin ataupun juga mencari lokasi mobil yang terhubung dengan perangkat Android Wear tersebut.

Menariknya, dengan fasilitas ini nantinya pengguna dapat melakukan semua perintah tersebut dengan sangat mudah. Dengan menjalankan aplikasi Blue Link pengguna dapat mengoperasikannya lewat perintah suara.

Sebagai contoh untuk menghidupkan mesin mobil misalnya, pengguna hanya perlu mengucapkan "Start my car” maka secara otomatis mesin mobil akan hidup dengan sendirinya. Beberapa perintah lain dapat diucapkan seperti “Lock my car” untuk mengunci pintu mobil dan "Find My Car" untuk menemukan lokasi mobil tersebut.

 

Info menarik: Seperti Inilah Tampilan Terkini Mobil Tanpa Pengemudi Google

 

Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, para pengguna harus menginstal aplikasi bernama Hyundai Blue Link pada perangkat smartwatch yang digunakan. Aplikasi ini sejatinya menggunakan teknologi berbasis cloud. Pihk Hyundai telah bekerja sama dengan Station Digital Media dalam mengembangkan aplikasi Blue Link ini.

Kabarnya teknologi ini akan mulai dipamerkan pada perhelatan Pepcom’s Digital Experience, acara ini akan digelar pada tanggal 5 Januari 2015 sehari sebelum perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas pada tanggal 6 hingga 9 Januari 2015 mendatang.

Rencananya, teknologi ini akan disematkan pada beberapa produk kendaraan Hyundai yang akan dirilis pada tahun 2015 mendatang, beberapa seri yang akan mendapatkan teknologi ini adalah Hyundai Sonata, Genesis dan Azera yang ditujukan untuk pasar Amerika Serikat.

 

Info menarik: MeArm, Robot Modular Kecil Yang Bisa Anda Rakit Sendiri

 

Penggunaan perangkat pintar (wearable device) pada kendaraan bermotor bukanlah pertama kali dilakukan. Seperti yang dikutip dari Engadget, sebelumnya salah seorang pembuat apliksasi Android bernama Matthew Patience telah berhasil membuat aplikasi pada jam tangan pintar ber-platform Android Wear untuk mengontrol sunfroof pada mobil Tesla seri S.

Namun hanya itulah kemampuan aplikasi yang dibuat oleh Matthew secara pribadi, dan tentu ini sangat berbeda dengan apliksi Hyundai Blue Sky yang memiliki banyak fungsi bagi penggunanya, beberapa hal yang dapat dilakukan dengan aplikasi Blue Sky adalah :

  • Menjalankan mesin secara remot
  • Mematikan mesin secara remote (hal ini dapat dilakukan jika sebelumnya mesin dijalankan melalui mode remot)
  • Menutup dan mengunci pintu mobil
  • Menghidupkan lampu dan membunyikan klakson
  • Car Finder
  • Call Road Side
  • Call Blue Link

Sumber: Engadget | Gambar Header: Hyundai News.