13 November 2015

by Glenn Kaonang

Hyundai Virtual Guide Gantikan Buku Panduan dengan Augmented Reality

Dirancang untuk membantu konsumen merawat mobilnya secara mandiri

Hyundai adalah salah satu perusahaan otomotif yang sangat peduli terhadap perkembangan teknologi digital. Sebelum ini, Hyundai menjadi salah satu pabrikan otomotif pertama yang memanfaatkan smartwatch sebagai kunci mobil. Kini, pabrikan yang masih satu kampung dengan Samsung itu menjadi yang pertama yang meluncurkan manual (buku panduan) dalam wujud augmented reality.

Dijuluki Hyundai Virtual Guide, ini sebenarnya merupakan sebuah aplikasi yang bisa diunduh di smartphone atau tablet, baik Android maupun iOS. Selanjutnya, pengguna tinggal mengarahkan kamera perangkat ke mobil untuk melihat panduan terkait sederet komponen yang ada di hadapannya.

Cara kerjanya sebenarnya mirip seperti aplikasi Ferrari Augmented Reality Showroom, akan tetapi aplikasi tersebut lebih ditujukan buat kepentingan promosi, sedangkan Hyundai Virtual Guide dirancang untuk membantu konsumen merawat mobilnya secara mandiri.

Jadi semisal pengguna mengarahkan kamera perangkat ke panel instrumen di dashboard, aplikasi akan menampilkan overlay dari setiap lampu indikator yang ada di hadapannya. Dari situ pengguna bisa mempelajari apa saja maksud atau fungsi dari masing-masing indikator beserta tombol lain yang ada di dashboard. Dengan demikian, pemilik mobil tak perlu lagi bertanya-tanya, "Tombol ini buat apa ya?"

Contoh lain adalah, aplikasi akan mengajarkan langsung bagaimana cara mengganti oli atau melepas saringan udara di dalam kap mesin. Semuanya ditampilkan tepat di atas gambar mobil yang tampak pada layar, bukan berupa video. Bicara soal video, Hyundai Virtual Guide turut mengemas sekitar 82 video panduan yang bisa ditonton kapan saja pengguna mau.

Aplikasi Hyundai Virtual Guide rencananya akan segera dirilis tahun ini juga di Google Play dan App Store. Sejauh ini mobil yang didukung barulah Hyundai Sonata 2015, sedangkan model lainnya akan menyusul setelah aplikasi diluncurkan.

Sumber: Hyundai.