27 October 2015

by Yoga Wisesa

iBackPack Ialah 'Swiss Army-nya' Tas Ransel

Dompet, smartphone, kabel charger, power bank, hingga laptop, mungkin inilah pernak-pernik wajib yang Anda jejalkan dalam tas sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Merepotkan memang, semakin banyak jumlah benda-benda tersebut, tas jadi kian berat dan meningkat pula resiko kehilangan. Kini evolusi teknologi berada di puncaknya, adakah jawaban atas kendala ini?

Dinahkodai CEO sekaligus founder Doug Monahan, satu tim asal Texas tak hanya memberi sebuah jalan keluar, namun menyuguhkan solusi terhadap sejumlah keterbatasan rancangan tas tradisional. Mereka memperkenalkan iBackPack. Sekilas, wujudya serupa seperti tas punggung biasa. Namun menurut developer, iBackPack adalah perangkat esensial, evolusi selanjutnya dari alat yang telah ada sejak zaman pra-sejarah tersebut.

iBackPack merupakan kombinasi dari berbagai hal: baterai cadangan, pusat komunikasi, hingga medium penyimpanan. Untuk dasarnya, pengembang mengusung bahan-bahan kain, karet, zipper dan gesper terbaik, berdimensi total 48.7x35,8x25-sentimeter. Ukuran ini memastikan kita tetap bisa membawanya masuk ke kabin pesawat sewaktu bepergian, mendapatkan sertifikasi dari FAA, TSA sampai Departement Transportasi AS.

Info menarik: AMPL SmartBag, Tas Ransel Pintar Sekaligus Power Bank Raksasa

Didesain untuk konsumen dengan rentang umur 'mulai delapan hingga delapan puluh tahun', ada enam komponen utama iBackPack. Mereka ialah power bank berkapasitas mencapai 40.000mAh, empat port USB kedap air berkabel retractable, konektivitas 3G dan 4G, sistem speaker Bluetooth, fitur anti-pencurian, semua kendali lewat aplikasi mobile. Pelacakan lokasi dapat dilakukan melalui proximity locator Bluetooth dan GPS, kemudian ia bisa dimanfaatkan sebagai hotspot Wi-Fi pribadi.

Tas canggih tersebut sanggup mengisi penuh enam buah iPad dari nol, dibekali varian baterai lithium polymer terkuat di pasar saat ini. Developer menuturkan bagaimana 'gadis-gadis akan mengerubungi Anda demi men-charge device mereka'. Sewaktu seseorang mencoba mencuri iBackPack Anda, tinggal tekan tombol alarm di app. Sirine berbunyi 'Stop! Thief! This man stole my bag!' langsung menyala, lalu GPS turut aktif, memungkinkan kita melacaknya dengan smartphone.

Developer menyediakan tiga tipe iBackPack, yaitu Power Backpack, Wi-Fi Version dan Sales Professional. Perbedaan terletak pada kelengkapan fitur serta bundel. Khususnya Sales Professional, kita ditawarkan layanan B2B dari tim iBackPack serta kustomisasi logo perusahaan. Harga retailnya masing-masing ialah US$ 250, US$ 350 dan US$ 400. Tapi andai memesannya sekarang di platform crowdfundingIndie Gogo, diskon sebesar US$ 100-150 sudah menanti.