1. Startup

Ibrii: Virtual Notepad For Save and Share Favorit Web Content

Bayangkan anda mempunyai notes atau catatan virtual yang bisa di atur dan di edit sehingga anda tidak kehilangan data lagi, dan jika itu belum cukup, bayangkan anda mempunyai catatan semua hal yang menarik anda dari internet dan anda bisa menyimpannya di cloud, mengeditnya dengan kemampuan yang hampir sama yang dimiliki Office lalu men-share-nya dengan realasi anda. Tertarik ?

Anda kini bisa melakukannya dengan Ibrii.

Ibrii, bisa diibaratkan sebagai buku catatan virtual yang bisa anda tambah, edit dan simpan.  Sekilas mirip aplikasi bookmarking tapi Ibrii ini lain. Kenapa, karena Ibrii juga dilengkapi kemampuan mengedit, meng-highlight, fungsi undo, ordered list, underline, blod, bahkan tersedia juga pilihan untuk fungsi print. Konten yang disave di Ibrii juga bisa di tambah foto, hyperlink, anda juga bisa mengatur rata halaman dan masih banyak lagi fungsi mirip Office yang terdapat dalam aplikasi Ibrii, Ibrii juga memungkinkan anda untuk menyimpan video dan chart musik favorit anda. Semua bisa dilakukan dan semua tersimpan dalam aplikasi bernama notes.

Ketika anda memasuk situs ini anda akan di sediakan 2 pilihan, registrasi dan membuat akun di Ibrii atau tidak. Jika anda memilih tidak, maka yang perlu anda lakukan hanya mendrag tab icon Ibrii di toolbar browser anda, selanjutnya anda bisa memanfaatkan fasilitas Ibrii. Sedangkan dengan membuat akun, anda akan akan mendapatkan fasilitas lebih, seperti saving notes, dan mengeditnya sekarang atau nanti.

Bagi anda yang punya relasi luas Ibrii juga menyediakan fasilitas shares yang memungkinkan notes yang anda buat untuk langsung di share lewat aplikasi Facebook, Twitter, share using a permalink, atau anda bisa menshare pada relasi Ibrii yang lain.

Bagi saya, aplikasi Ibrii cukup menyenangkan, dengan desain visual yang dominan pink serta putih sangat nyaman dimata. Fungsi dan aplikasi yang disediakan juga cukup lengkap dan, terutama sangat mudah digunakan. Sebagai aplikasi yang berfokus pada user, Ibrii telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik.

Untuk menambahkan isi pada notes anda, cukup melakukan drag, atau copy paste, lagi-lagi sangat mirip dengan apa yang bisa dilakukan aplikasi Office, that's why it's so eazy. Fasilitas notes editornya yang lengkap juga menjadikan proses pengumpulan informasi berbasis web menjadi menyenangkan. Tampilan home page akun pribadi juga tersedia dalam beberapa fungsi, anda bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan anda, apakah berbentuk daftar, lalu sorted yang mengatur sesuai dengan waktu notes itu dibuat, atau tampilan free, dimana anda bisa men-drag notes dan mengatur susunannya sesuai preferensi anda.

Ibrii tidak hanya menyimpan link, tapi konten itu sendiri. Anda bisa menyimpan konten dari satu situs, kemudian menambahkannya dengan konten dari situs lain, menyimpannya, menambahkan foto yang sesuai, kemudian share dengan teman anda.

Fasilitas terbaru dalam Ibrii versi beta 2, yaitu notebook list akan memudahkan anda untuk mengatur dan mengelompokkan notes anda sesuai dengan kategori-kategori tertentu sehingga memudahkan untuk mencari notes yang telah di save, jika itu belum cukup, Ibrii juga telah menyediakan fasilitas search. Hmm, aplikasi yang cukup lengkap bukan?

Ditengah persaingan web aplication yang terus tumbuh, meluncurkan sebuah aplikasi yang keren tentu penuh usaha yang keras. Apalagi untuk aplikasi yang berfokus pada pelanggan, fungsi utama yang harus diperhatikan adalah kemudahan, karena web apps adalah untuk memudahkan.

Ibrii, sebagai aplikasi yang berfokus pada user, memang masih dalam tahap beta 2, dan masih akan terus berkembang, Ibrii juga akan bersaing dengan web apps lain yang sejenis. Bagi anda para pembaca DailySocial yang penasaran dengan aplikasi ini, anda bisa langsung mencobanya, dan bagi anda para pemilik atau praktisi startup yang penasaran tentang visi-misi dari Ibrii ini, DailySocial merasa sangat beruntung bisa mengajukan beberapa pertanyaan pada Ibrii, tentang beberapa hal yang berkaitan tentang bisnis meraka serta bagaimana mereka mensiasati masalah klasik startup, yaitu dana. :)

Berikut petikan wawancara singkat kami dengan Ibrii:

Dailysocial (DS) :About the Ibrii business model: how do you translate the existing trend of Internet-scale businesses now dominated by Apple, Google, Microsoft and the trend of real-time applications like Twitter?
Ibrii (I): Ibrii is in the middle between all the existing big firms and new trend such as Twitter.
With Ibrii you can select the content you want to share and then you can choose how to share that content. We do not compete with Apple, Google or Microsoft, we do not compete with Twitter or Facebook..we take advantage of their popularity and their social networks.
We work with them, we are happy if Twitter of Facebook become more and more bigger and important since we use their social networks to share the content created with Ibrii.
We think that, in a few months, Ibrii will become the most important platform to snip, mix and share content. For sure, we will have good opportunities also in the real time search market. Think about this, with Ibrii, in the next future, you will find real time news already elaborated, filtered and mixed by users. Not only a link to an article or a video, but something better created from different sources and reassembled to reach a complete and a better quality information.
DS: About funding: how do you get around this classic problem for the smooth running of your business trip?

I: We started to work full-time on Ibrii from April 2009. At the beginning we invested our money first, but fortunately we found an investor, in May, and after months of negotiations, we got our first seed investment in October.
Actually we are using that money to finish our product and for marketing purposes. Anyway, we are looking everyday for new investments!
DS: About Ibrii current user: how the development ibrii user, of course you must compete with several similar applications. did ibrii user trend continues to increase? and how you respond to this Ibrii trend user?
I: From April to November 2009, Ibrii was only a prototype with many bugs and usability problems. But still we had 6.000 uniques starting from the end of May.
During these months we collected a lot of feedback from our users, in fact, we published a new Beta version of Ibrii a few days ago. We changed almost everything based on the feedback of our users.
Actually, we see our registered users growing everyday and, of course, we still need their precious feedback!

DS: About Ibrii future plans : any plans to launch officially this application?
I: We are working on a new UI graphic and a better user experience. We should launch officially the new Ibrii by the end of February 2010.
Of course, we are working to receive as much reviews as possible from the best IT blogs.
DS: And lastly: as you probably know that Indonesia is one of the largest Internet users in Asia, and even Facebook users in Indonesia is very large, the data can be viewed Alexa, Facebook users from Indonesia was in position 6, as much as 3.6% (as of the date 7 December 2009), how do you think about the Internet market in Asia especially in Indonesia?

I: We are working to enter the Asian market, we want the Asian market! Ibrii will be translated for sure in Chinese since we received many requests from chinese users. Probably also in Japanese, we are still studying the Japanese market. At this point, we will keep under control also the Indonesian market for sure.
---
Bagaimana pendapat anda dengan aplikasi ini, sudah pernah mencobanya? Atau bagaimana pendapat anda tentang model bisnis Ibrii? Jangan lupa untuk share pendapat anda pada kolom komentar.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again