23 December 2014

by Yoga Wisesa

iCamPRO FHD, Kamera Robot Mungil Untuk Menjaga Keamanan Rumah Anda

Sesuai definisinya, robot tak harus selalu mempunyai tangan, kaki dan bergerak seperti manusia. Selama ia mempunyai komponen elektronik, dipandu komputer, dan dibuat untuk membantu orang, perangkat tersebut sudah masuk kategori robot. Dan ada satu desain robot yang sangat berguna, dikemas dalam desain mungil, serta bisa dioperasikan dengan mudah.

Mengusung rancangan membulat dan tinggi hanya 3,1-inci, tim Amaryllo asal Amsterdam mengungkap iCamPRO FHD. Sekilas ia tampak seperti versi kecil kamera pengawas atau sekedar webcam. Namun iCamPRO FHD bukanlah kamera biasa, ia adalah salah satu robot keamaman rumah pertama yang benar-benar dapat melihat, mendengar, merasakan serta melacak objek-objek bergerak.

Dengan rangkaian sensor gerak, iCamPRO FHD dapat mendeteksi orang tak dikenal, bahkan jika si penyusup mencoba mencari sudut buta robot kamera ini. Ia langsung menoleh ke target. Sistem pelacak objek real-time itu sebenarnya merupakan teknologi intai kelas militer yang sangat mahal. Terobosan Amaryllo ialah mengadaptasinya ke sebuah device terjangkau.

Di dalam iCamPRO terdapat unit prosesor berkecepatan tinggi mengatur jaringan multi-sensor. Robot tersebut bisa diletakkan di atas meja, digantungkan di tembok atau langit-langit rumah layaknya kamera pengawas dengan bantuan aksesoris mount. iCamPRO mampu menjangkau seluruh sudut dengan perputaran seluas 360 derajat tanpa keterlambatan pengiriman suara atau gambar.

 

Info menarik: Project Beyond Samsung Ialah Kamera 3D Untuk Membuat Dunia Virtual Reality

 

Jadi apa saja spesifikasi iCamPRO FHD? Ia memanfaatkan lensa 2-megapixel untuk dua kebutuhan. Pertama bagian ini memungkinkan penyajian streaming video jernih berkualitas rekam full-HD. Kedua, lensa serta sensor gambar memberikan ruang hitung pixel yang sangat akurat sehingga analisa pergerakan juga lebih jitu.

Dan berkat fitur dynamic cannel adjustment, kualitas output bisa disesuaikan ke bandwith Wi-Fi agar Anda tetap mendapatkan hasil video real-time tanpa delay. Hebatnya lagi, lensa 'pas-pasan' pada kamera pengawas membuat gambar terlihat terdistorsi (bidang lurus jadi melengkung), tetapi hal itu tidak berlaku pada iCamPRO.

iCamPRO FHD kompatibel ke hampir segala jenis device, baik Android maupun iOS. Kini pertanyaannya tinggal seberapa terjangkaukah robot kamera keamanan pintar tersebut? US$ 400? US$ 700? Jangan kaget, di situs crowdfundingIndie Gogo, satu unit iCamPRO cuma dijual seharga mulai dari US$ 150. Rencananya, versi retail juga hanya dibanderol US$ 300.