29 May 2013

by Iqbal Farabi

IDC: Penjualan Tablet Akan Lampaui Penjualan Komputer Portabel pada 2013

Tren buruk masih belum berubah bagi industri komputer personal. Setelah mencatatkan penurunan angka penjualan terburuk sejak 1994 pada kuartal pertama 2013 lalu, industri komputer personal kembali mendapatkan kabar tidak baik lainnya. IDC mengeluarkan prediksi terbaru yang menyatakan bahwa angka penjualan komputer portabel akan dilampaui oleh angka penjualan tablet pada tahun 2013 ini, dan angka penjualan komputer personal secara keseluruhan akan dilampaui oleh angka penjualan tablet pada tahun 2015 nanti.

"Ini menandai perubahan sikap konsumen yang signifikan terhadap perangkat-perangkat komputer serta ekosistem yang menopang perangkat-perangkat tersebut," kata Ryan Reith, Program Manager divisi Mobility Tracker IDC, dalam rilis pers IDC. "IDC masih percaya bahwa komputer personal akan tetap memiliki peran penting di era baru komputer ini, terutama di kalangan bisnis. Tapi bagi sebagian besar konsumen, tablet menjadi solusi yang lebih ringkas dan elegan untuk penggunaan sehari-hari yang sebelumnya dilakukan dengan menggunakan komputer personal," tambahnya.

Meski populernya perangkat tablet dimulai oleh Apple dengan produk iPad miliknya, laju pertumbuhan angka penjualan tablet saat ini lebih banyak didorong oleh perangkat tablet-tablet murah Android. Hal ini ditandai dari menurunnya estimasi harga jual rata-rata perangkat tablet sebesar 10,8% menjadi $381 pada tahun ini. Sementara komputer personal justru diperkirakan akan mengalami peningkatan harga jual rata-rata menjadi $635.

Selain mengalami penurunan rata-rata harga jual, pasar tablet juga mengalami perubahan besar pada aspek preferensi konsumen terhadap ukuran perangkat. Jika pada 2011 ukuran perangkat antara 8 sampai 11 inci mendominasi pasar, pada tahun 2013 diperkirakan justru perangkat berukuran lebih kecil dari 8 inci yang akan mendominasi pangsa pasar 55%.

Laporan lengkap dari IDC bisa dilihat di tautan ini.