26 August 2013

by Iqbal Farabi

[Infografis] IDC: Smartphone Lokal Berjaya di Asia Pasifik

Perkembangan pasar ponsel pintar sedang mengalami tren positif di Asia Pasifik. Menurut data terbaru IDC, sebanyak 119 juta unit ponsel pintar diperkirakan terjual (dengan menggunakan indikator angka shipment) selama kuartal kedua 2013 lalu. Angka ini meningkat 75% jika dibandingkan dengan kuartal kedua 2012.

Selain peningkatan pasar ponsel pintar secara keseluruhan, IDC menemukan fenomena menarik lainnya dari pasar ponsel pintar di Asia Pasifik. Dengan tidak menghitung merk ponsel pintar Asia yang sudah menjual produknya di pasar global seperti Samsung, LG, Sony, Huawei, atau ZTE, IDC menemukan bahwa beberapa merk ponsel pintar lokal juga mengalami laju pertumbuhan yang cukup pesat. Secara keseluruhan, para merk lokal ini mengalami peningkatan persentase pangsa pasar menjadi 38% pada Q2 2013 dari 20% pada Q2 2012.

Lebih detilnya, sebanyak 46 juta unit yang terjual pada Q2 2013 di Asia Pasifik diperkirakan merupakan ponsel pintar dengan merk lokal. Angka ini lebih besar dari angka penjualan Samsung (28 juta unit), Apple (7 juta unit), merk internasional seperti HTC, Nokia, LG, Sony, BlackBerry dan Motorla (10 juta unit), serta merk internasional yang berbasis di Cina seperti Huawei, ZTE, dan Lenovo (27 juta unit).

Di Indonesia sendiri, Smartfren, Mito, dan Cross dikatakan sebagai merk lokal yang sedang naik daun di pasar ponsel pintar. Sayangnya IDC tidak menyebutkan berapa tepatnya angka penjualan ponsel-ponsel keluaran ketiga merk tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai pasar ponsel pintar di Asia Pasifik ini bisa Anda lihat pada infografis di bawah ini.