MSME Tutorial

10 Ide Bisnis Minuman Modal Minim, Cukup Rp 300 Ribu!

Beberapa ide bisnis minuman dengan modal cukup Rp 300.000 saja, yang dapat menjadi inspirasi bagi yang baru ingin memulai usaha minuman.

Usaha berjualan minuman dapat menjadi peluang bisnis yang tepat, terutama bagi calon pelaku usaha yang minim modal. Meski bermodal sedikit, bisnis minuman dapat sukses jika mempunyai ciri khas dan strategi yang baik.

Kunci suksesnya bisnis minuman bisa terdapat pada kreativitas menu dan promosi bisnis. Misalnya, menjajakan menu dengan penyajian yang menarik, varian rasa beragam dan keunikan lainnya. Lalu, menjalankan strategi marketing atau branding di media sosial.

Ada pun beberapa ide bisnis minuman dengan modal sedikit, yang cocok dicoba oleh calon pelaku usaha yang minim modal, antara lain daftar dan penjelasannya sebagai berikut. Simak selengkapnya.

Daftar Peluang Usaha Minuman Modal Rp 300 Ribu

Bermodalkan uang sejumlah Rp 300 ribu, calon pelaku usaha dapat mencoba 10 ide bisnis berikut ini.

1. Pop Ice Aneka Topping

Ide bisnis yang pertama yakni minuman berbahan dasar bubuk minuman kemasan merek ‘Pop Ice’. Mimunan ‘Pop Ice’ dapat dijual dengan harga relatif murah, sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per cupnya.

Minuman satu ini dibuat menggunakan es batu yang diblender, lalu disajikan dengan berbagai topping, dalam sebuah cup plastik. Ada pun topping yang dapat digunakan juga bervariasi, mulai dari keju dan coklat serut, choco chip, permen, sprinkle, meses dan lainnya.

2. Es Susu dengan Boba

Saat ini, boba populer dan digemari sebagai tambahan dalam minuman oleh penyuka minuman dingin. Minuman dingin yang cocok ditambahkan boba, dapat berupa es susu segar (fresh milk), es gula merah (brown sugar), es teh susu (milk tea) dan jenis minuman lainnya.

Dilihat dari modalnya, minuman boba pun terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, kamu bisa membuat boba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang murah. Minuman boba rumahan dapat dijual berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

3. Thai Tea

Bisnis minuman yang dapat dicoba berikutnya yakni thai tea. Minuman asal Thailand ini populer di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Per cupnya dapat dijual dengan kisaran harga Rp 8.000 hingga Rp 20.000, tergantung bahan dan cara penyajian.

Thai tea sendiri pada dasarnya merupakan teh yang dibuat dari campuran teh hitam dengan campuran rempah seperti kapulaga, cengkeh dan kayu manis. Namun, jika untuk dijual versi murah, Anda cukup menggunakan bahan dasar teh dan susu evaporasi. Rasanya tak kalah enak.

4. Kopi Susu Kekinian

Saat ini brand-brand kopi susu banyak bermunculan karena bisnis minuman satu ini dianggap menjanjikan. Namun, tak sedikit brand yang menjual kopi susu dengan harga relatif mahal, karena yang dijual tak hanya menu, melainkan juga experience dari fasilitas di tempat kopi.

Jika Anda juga ingin memiliki brand kopi susu sendiri, tak perlu khawatir tidak dapat menawarkan experience serupa dengan brand-brand besar. Anda dapat mengedepankan keunggulan menu kopi susu, namun bisa dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

5. Cappucino Cincau

Beberapa waktu lalu, cappucino cincau sempat tren dijual oleh usaha-usaha rumahan. Namun, hingga kini, minuman ini masih digemari karena rasanya yang unik dan harganya yang terjangkau. Harga yang dipatok untuk satu cup berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja.

Keunikan rasa pada minuman ini berasal dari bahan dasar bubuk minuman rasa cappucino, dengan tambahan cincau segar saat disajikan. Bubuk minuman perasa dapat didapatkan di grosir dengan harga yang murah, lalu cincau dapat dibuat sendiri dari daun cincau.

6. Jus Buah

Jus buah merupakan merupakan minuman yang tak hanya menyegarkan namun juga menyehatkan. Minuman ini juga termasuk jenis minuman yang tak lekang oleh tren alias akan selalu disukai sampai kapanpun.

Bahan dasar membuat jus buah jelas berasal dari buah, seperti alpukat, mangga, apel, stoberi, buah naga, dan lainnya. Cara pembuatannya dapat dengan hanya memblender buah, lalu bisa diberi campuran susu dan es batu.

7. Cheese Tea

Sesuai dengan namanya, cheese tea merupakan minuman berbahan dasar teh dan keju. Minuman unik satu ini menjadi inovasi berjualan yang cocok bagi pelaku usaha rumahan, karena bahannya yang mudah dan modalnya yang cukup minim.

Cheese tea banyak digemari karena rasa dan peyajiannya yang unik. Minuman ini disajikan dengan menyiapkan teh manis yang diberi topping cream cheese dan keju parut di atasnya. Harga yang dapat dipatok untuk satu gelasnya dapat berkisar Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

8. Es Cokelat

Minuman coklat dingin menjadi menu usaha minuman yang layak dicoba. Pasalnya, coklat sendiri memiliki banyak penggemar dari berbagai usia dan kalangan. Harga jualnya pun cukup murah, yakni dapat berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Minuman coklat juga dapat dijual dengan variasi jenis coklat kekinian agar lebih menarik. Misalnya, Anda dapat menggunakan flavour powder dengan rasa coklat batang seperti silverqueen, toblerone, dairymilk, dan lainnya.

9. Es Kelapa Muda

Usaha es kelapa muda menjadi usaha minuman dengan modal sedikit yang dapat memberi keuntungan besar, jika ditekuni dengan serius. Kunci berjualan es kelapa muda salah satunya terletak pada lokasi usaha yang strategis dan pasokan kelapa muda yang berkualitas.

Es kelapa muda dapat disajikan langsung dari batoknya dan bisa juga menggunakan gelas atau plastik. Harga jualnya dapat dipatok mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 12.000. Bisnis ini cocok menjadi pilihan usaha di negara tropis.

10. Es Buah Ciduk

Selain jus buah, buah-buahan juga cocok dijadikan minuman es buah. Es buah ‘ciduk’ sendiri merupakan sirup rasa buah yang dicampur dengan buah-buahan asli, yang dijajakan dalam sebuah toples besar.

Selain bahannya yang murah dan mudah ditemukan, cara pembuatan dan penyajiannya yang simpel menjadikan es buah ‘ciduk’ ini cocok menjadi pilihan bagi yang baru ingin memulai usaha minuman.

Demikian penjelasan terkait 10 ide bisnis minuman dengan modal cukup Rp 300.000 saja. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter