Categories

Berita

idEA Gencar Promosikan UKM untuk "Go Online"

Menggelar roadshow untuk mengedukasi pasar soal keuntungan UKM berkiprah di ranah online

Michael Erlangga - 13 May 2015

Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) hari ini (12/5) memaparkan dukungannya bagi penggiat UKM di Tanah Air untuk segera menjajakan produknya secara online. Berdasarkan riset yang dijalani McKinsey Global Institute, UKM yang berjualan online terbukti berkembang dua kali lebih cepat. Ketua Umum idEA Daniel Tumiwa berpendapat bahwa penggiat UKM hanya perlu go online, sementara sektor logistik, metode pembayaran, dan sebagainya akan mengikuti perkembangan bisnis mereka.

Terlepas dari kecilnya jumlah UKM yang telah go online, 55 juta UKM telah memberikan kontribusi 56% dari total perekonomian negara sejauh ini. Padahal percepatan bisnis dapat dua kali lebih cepat dapat diraih UKM jika menjajakan produk mereka secara online. Hal tersebut yang coba diakomodasi oleh idEA sebagai wadah dari para pemain industri e-commerce negeri ini untuk berinteraksi dengan berbagai pemegang kepentingan lainnya.

“UKM itu sudah cukup sibuk dengan keterbatasannya. Mereka hanya perlu go online, yang lainnya otomatis mengikuti dari logistik, metode pembayaran, infrastruktur, perbankan, dan lain-lain. idEA siap membantu dan memberikan solusi lebih lanjut,” papar Daniel siang tadi (12/5).

Urusan pajak, legalitas, dan regulasi pemerintah dinilai sebagai hal yang membuat banyak UKM ragu untuk memasuki ranah online ini. Hal tersebut yang coba diatasi oleh pihak idEA, mereka gencar melakukan edukasi melalui serangkaian roadshow yang dijalankan kota-kota besar di Indonesia dengan menggandeng Ditjen Pajak.

Menurut Daniel, yang sekarang adalah CEO OLX Indonesia, hubungan para pemain industri dengan pemerintah belum pernah seharmonis ini. Pertukaran informasi dan kebutuhan berjalan dengan sangat baik dan lancar, dan hal tersebut merupakan hal yang positif. National Payment Gateway menjadi isu hangat yang sedang diproyeksikan saat ini.

“Pengembangan UKM merupakan salah satu prioritas kerja dan komitmen asosiasi. Kami yakin bahwa platform e-commerce dan teknologi digital dapat membuka kesempatan yang luas bagi para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya dan mewujudkan apa yang kami sebut sebagai Indonesian Dream,” tambahnya.

Untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut, tanggal 30 Mei 2015 nanti, idEA mengadakan kegiatan yang ditujukan bagi para UKM dalam format seminar dan pameran dalam tajuk “UKM Indonesia – SCALE UP!”. Acara ini bakal dihadiri oleh pemain dari ekosistem industri e-commerce nasional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter