Categories

MARKETING

[idea@work] Digital Marketing: Langkah Praktis Mempromosikan Blog Untuk Bisnis (Bagian 1)

guest post - 11 December 2013

Catatan Editorial: Kolom idea@work yang hadir atas kerja sama dengan Idea Imaji kali ini akan membahas Langkah praktis mempromosikan blog untuk bisnis. Artikel juga termasuk tips untuk konten agar menarik bagi pembaca. Apa saja? Simak artkel bagian satu berikut ini.

Pada awalnya blog digunakan sebagai alat bagi individu untuk menuliskan catatan yang tersimpan dalam format website. Istilah blog sendiri berasal dari kata website (atau disingkat web) dan log (catatan), yang keseluruhan artinya adalah catatan dalam bentuk website.

Akan tetapi, seiring berubahnya jaman, saat ini blog telah dimanfaatkan oleh banyak organisasi, dari yang berskala kecil hingga korporasi, sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Blog digunakan sebagai medium untuk tetap terhubung dan berkomunikasi dengan konsumen, mulai dari pemberian informasi, membangun jaringan atau komunitas, hingga membangun atau memperkuat reputasi. Fakta ini ditunjukkan oleh survey HubSpot (2013) yang menyatakan bahwa 60% bisnis yang memanfaatkan blog mendapatkan lebih banyak konsumen.

Dari kenyataan diatas, lahirlah pertanyaan penting bagi mereka yang hendak memulai blog untuk mempromosikan bisnisnya: bagaimana cara membuat blog menjadi media yang efektif untuk membantu bisnis?

Jawaban atas pertanyaan tersebut dapat kita bagi menjadi dua poin utama. Untuk yang pertama akan dibahas di artikel ini, sedangkan yang kedua akan dibahas di artikel lanjutan minggu depan.

Untuk yang pertama, cara untuk membuat blog dalam mempromosikan bisnis adalah membuat konten yang semenarik mungkin. Cara ini dilakukan supaya dapat menjaring lebih banyak pengunjung ke blog.

Menciptakan tulisan yang bagus dan menarik untuk di-publish di blog bukanlah perkara yang mudah. Konten yang menarik tidak serta merta datang dari langit, dibutuhkan tenaga, waktu, pengetahuan, dan kreatifitas yang tidak sedikit untuk membuatnya.

Secara garis besar Anda dapat melakukan tiga langkah berikut untuk menjadikan konten blog Anda menarik bagi pengunjung:

1. Tulislah tentang bisnis Anda

Tulislah hal yang menarik tentang bisnis Anda, perkembangannya dan segala hal yang berhubungan. Pengunjung setia blog Anda pasti mempunyai ekspektasi khusus terhadap bidang yang sedang Anda jalani pada saat ini. Tempatkan diri Anda sebagai seorang ahli yang siap berbagi dengan pembaca setia blog Anda.

2. Buat tulisan yang bisa memecahkan masalah para pembaca

Untuk membuat pengunjung kembali berkunjung pada halaman blog, Anda harus mempunyai sesuatu yang bisa menjadi penarik (hook) bagi pembaca. Jadilah seorang problem solver yang handal. Contohnya, jika bidang perusahaan adalah komunikasi, tawarkan sebuah blogpost yang memberikan pemecahan terhadap sebuah permasalahan komunikasi yang umum dijumpai.

Atau, temukan pengunjung yang membutuhkan bantuan pada kolom komentar dan tuliskan post khusus pada blog Anda tentang pemecahan masalah yang dia butuhkan.

3. Tuliskan hal baru, populer dan unik!

Selalu lakukan riset untuk menjaga tulisan selalu up to date. Untuk topik yang “berat”, Anda tentu perlu melakukan riset secara mendalam untuk menjaga kualitas tulisan dan harus mampu mempertanggungjawabkan isi tulisan tersebut.

Untuk topik yang lebih “ringan”, website semacam Google dan Wikipedia dapat membantu. Hal ini dapat membantu menaikkan nilai sosial Anda dan membuat Anda lebih dekat dengan pembaca yang memiliki kesamaan interest.

Hal ini akan memberikan insight yang lebih mendalam mengenai apa yang ingin diketahui oleh target audience, hingga apa yang baru dan apa yang sedang populer saat itu. Make a wrap dan jadikan bahan tulisan Anda jauh lebih menarik.

Demikian bagian satu dari dua bagian tulisan yang berhubungan dengan tema Langkah Praktis Mempromosikan Blog Untuk Bisnis. Di artikel berikutnya akan dibahas tentang cara-cara dalam mempromosikan blog. Nantikan ulasannya minggu depan di TRL.

Sumber gambar header Blog via Shutterstock. 

References:

1. Cleg, Jason. 2013. Convert with Content: 5 Tips For Sharing Your Blogpost. Retrieved:

November, 27th 2013, 10.00 AM (GMT: 7+). Url link: http://www.convertwithcontent.com/5-tips-sharing-blog-posts/

2. Gerber, Scoot. 2011. Mashable: 11 Pro Tips for Better Business Blogging. Retrieved:

November, 29th 2013, 01.00 PM (GMT: +7). Url link: http://mashable.com/2011/03/24/better-business-blogging/

3. Watts, Dechay. 2013. Sprout Content: 19 Reasons Why Your Business Should Be

Writing a Blog. Retrieved: November 28th. Url link: www.sproutcontent.com/blog/bid/106416/19-Reasons-Why-Your-Business-Should-Be-Writing-a-Blog

4. Wehner, Clayton. 2010. Slide Share: How to use a Blog to Market your Business. Retrieved:

November, 28th 2013, 07.00 PM (GMT: +7). Url link: http://www.slideshare.net/bluetrain/how-to-use-a-blog-to-market-your-business

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter